Soal Cara Sembelih Hewan Kurban di Karawang, Ini Kata Gugus Tugas

JABARNEWS | KARAWANG – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyampaikan tata cara proses penyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Protokol kesehatan harus dipatuhi agar tidak ada klaster penularan baru,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 setempat Fitra Hergyana, di Karawang, Sabtu.

Ia mengatakan, proses penyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha di tengah pandemi COVID-19 sudah diatur dalam Surat Edaran Kemenag Nomor 18 Tahun 2020 tentang Penyembelihan Hewan Kurban.

Baca Juga:  Timnas Indonesia Lawan Filipina Malam Nanti, Shin Tae-yong Janjikan Hal Ini

Sesuai dengan ketentuan itu, penyelenggara mengatur kepadatan di lokasi penyembelihan hanya panitia dan pihak yang berkurban saja boleh hadir. Masyarakat umum diminta untuk tidak menonton prosesi penyembelihan untuk mengurangi kerumunan di lokasi.

Baca Juga:  Mendagri Minta Budaya Amplop Hilang Dari Pelayanan Publik Pemerintah

Pemotongan hewan kurban harus dilakukan di area yang luas. Sehingga dapat mempermudah penyelenggara untuk mengatur jarak fisik. Lalu, pendistribusian daging kurban dilakukan oleh panitia dengan mengantarkan ke rumah mustahik atau yang berhak menerima daging.

“Ada jarak antar panitia pada saat melakukan pemotongan, pengulitan, pencacahan dan pengemasan daging,” kata dia.

Baca Juga:  Begini Perkiraan Jumlah Kuota Yang Kamu Habiskan Saat Nonton Youtube

Untuk protokol kesehatan bagi panitia tentunya diwajibkan dicek suhu tubuh, menggunakan sarung tangan, membawa alat atau disediakan alat bagi masing-masing panitia.

“Wajib menggunakan sarung tangan dan panitia menggunakan kaos atau baju lengan panjang,” kata Fitra.

Penyelenggara juga wajib memastikan alat pemotongan, pengulitan dan pencacahan bersih.  (Red)