Wisata Alam di Gunung Ciremai Dibuka Lagi, BTNGC: Capai 22 Ribu Pengunjung

JABARNEWS | KUNINGAN – Terdapat 44 lokasi wisata alam di Gunung Ciremai yang kini telah beroperasi kembali, Pengunjung dibatasi guna mencegah penyebaran Covid-19.

Pembukaan pada tahap pertama tersebut, jenis wisata yang dibuka berupa treking atau jelajah alam dan penyediaan jasa makanan-minuman alias kantin.

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) bersama Masyarakat Pariwisata Gunung Ciremai (MPGC) pun menerapkan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan wisata alam di era pandemi Covid-19.

Baca Juga:  Pemerintah Harus Gratis Biaya Sekolah Bagi Pelajar Kurang Mampu

“Sejak awal pembukaan sampai dengan saat ini, jumlah pengunjung yang datang kurang lebih mencapai 22 ribu orang,” ujar Kepala Balai TNGC, Kuswandono, didampingi Humas BTNGC, Agus Yudhantara, Senin (13/7/2020)

Seperti diketahui wisata alam Gunung Ciremai yang masuk wilayah Kabupaten Kuningan, sudah dibuka kembali sejak 26 Juni 2020. Sedangkan reaktivasi wisata alam Gunung Ciremai yang masuk wilayah Kabupaten Majalengka, berlangsung sejak 27 Juni 2020.

Baca Juga:  Jadwal Lengkap Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Saat pertama kali dibuka, animo pengunjung cukup tinggi karena mereka sudah jenuh berdiam diri di rumah selama pandemi Covid-19 berlangsung.

“Namun jumlah pengunjung kita batasi dengan kuota, hanya 30 persen,” kata Agus.

Kepala Balai TNGC, Kuswandono, terus mengingatkan MPGC agar tetap berpegah teguh pada protokol kesehatan pandemi Covid-19. Dia pun kembali menegaskan bahwa reaktivasi tahap I hanya untuk aktivitas treking dan jasa penyediaan makanan dan minuman.

Baca Juga:  Simak, Ini Kabar Baik untuk Guru Honorer Di Garut

“Untuk wisata camping dan pendakian, mudah-mudahan bisa digelar pada pembukaan tahap II. Tentunya dengan mempertimbangkan hasil evaluasi pembukaan tahap I,” kata Kuswandono.

Kuswandono menyatakan, saat ini wisata alam gunung Ciremai dipantau langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Pihaknya pun harus melaporkan jumlah kunjungan wisata setiap harinya. (Red)