Ini Imbauan Polri untuk Korban Ujaran Kebencian Di Medsos

Polri mengapresiasi netizen yang tidak menyebarkan informasi yang bernuansa ujaran kebencian.

Ilustrasi- Korban ujaran kebencian di media sosial. (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Polri meminta korban ujaran kebencian atau hate speech, SARA, pencemaran nama baik, dan fitnah khususnya di sosial media, untuk tidak segan melapor. Instansi penegak hukum itu memastikan segera menindak netizen yang melakukan pelanggaran pidana terkait perkara tersebut, baik perorangan atau institusi.

"Dalam hal ini memang berkaitan dengan konten medsos bernada mengarah ke hate speech adalah sesuatu yan berpotensi pelanggaran hukum," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Raden Perbowo Argo Yuwono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (13/7/2020).

Baca Juga:

Terlibat Prostitusi Online, Seorang Wanita Diamankan Di Kota Bekasi

Ustad Abu Janda Al Bolliwudi Vs Facebook



Argo menyebut, menyebarluaskan informasi yang memiliki muatan penghinaan atau pencemaran nama baik merupakan tindakan yang dapat dipidana berdasarkan Pasal 27 ayat 3 Undang-Undang ITE. Ancamannya pidana penjara paling lama empat tahun dan denda paling banyak Rp 750 juta.

"Tim cyber intens melakukan cyber patrol, memonitor konten yang bernuansa ujaran kebencian. Polri mengapresiasi netizen yang tidak menyebarkan informasi yang bernuansa ujaran kebencian," jelas dia.

Argo mengimbau masyarakat agar dapat bijak dalam menggunakan media sosial. Jangan sampai disalahgunakan untuk kepentingan tertentu yang merugikan pihak lain, termasuk memperhatikan sikap dalam menyampaikan pendapat, informasi, mau pun mengekspresikan kekecewaan.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Imbaun Polri Ujaran Kebencian Media Sosial Kadiv Humas Polri Raden Perbowo Argo Yuwono Korban Ujaran Kebencian Undang-Undang ITE Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Tiga Emak-Emak di Karawang Jadi Tersangka Kasus Kampanye Hitam

Wow! Trio Emak-Emak Diamankan Terkait Kampanye Hitam

Rocker Juga Manusia, Tegas dan Bapernya Ahmad Dhani

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi