DK PWI: Perjalanan Wartawan dengan Susi Pudjiastuti Tak Langgar Etik

Media tetap kritis dan menjaga independensi dalam menulis berita, laporan maupun ulasan.

Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat Ilham Bintang. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat Ilham Bintang meminta semua pihak agar menghentikan penyebaran fitnah yang bertujuan merusak kredibilitas wartawan dan media pers cetak, online, maupun elektronik. Terlebih, tutur dia, jurnalis yang tengah melaksanakan fungsi kontrol mengkritisi kebijakan pemerintah.

Pernyataan Ilham dilontarkan menanggapi beredarnya daftar nama sejumlah pemimpin redaksi yang memenuhi undangan perjalanan ke luar negeri bersama mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Perjalanan tersebut dilakukan kala Susi masih menjabat menteri periode lalu.

Baca Juga:

Persatuan Wartawan Indonesia Sahkan KPWI

3 Srikandi Menteri yang Layak Dipertahankan di Kabinet Kerja II



Ilham mengatakan ada orang tidak bertanggung jawab memframing daftar undangan perjalanan tersebut seolah-olah biaya tiket maupun hotel selama perjalanan yang ditanggung pemerintah dianggap sebagai suap.

"Asumsi itu jahat sekali. Itu pelecehan kemampuan profesional dan integritas wartawan dan kredibilitas media pers," kata Ilham dalam keterangan tertulis, Senin (13/7/2020).

Padahal, kata Ilham, undangan seperti itu biasa saja dan lazim diterima wartawan di era manapun. Ilham mengatakan pengundang memang menyediakan fasilitas tiket dan hotel bagi pewarta. Kendati demikian, Ilham menilai fasilitas tersebut tidak lantas diartikan bahwa pengundang dapat mengkooptasi wartawan.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : DK PWI Perjalanan Wartawan Susi Pudjiastuti Kode Etik Wartawan Ketua DK PWI Pusat Ilham Bintang Ekspor Benih Lobster Menteri Kelautan dan Perikanan Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi