Warga Terkonfirmasi Positif Covid-19 Di Sergai Bertambah Lagi

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Warga Kabupaten Serdang Bedagai terkonfirmasi positif Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) terus bertambah setelah seorang warga Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara dinyatakan positif hasil dari tes swab.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Serdang Bedagai, Akmal Koto pada jabarnews.com, Selasa (14/7/2020) membenarkan adanya penambahan warga Kabupaten Serdang Bedagai terkonfirmasi positif Covid-19.

“Seorang pria berinisial YML (23) warga Kecamatan Sei Bamban dinyatakan positif Covid-19,” katanya.

Ia menjelaskan, YML sudah mengalami demam sejak 3 bulan lalu. Kemudian YML dibawa orangtuanya kerumah tantenya di Medan. Pada 22 Juni 2020 korban kemudian menjalani pemeriksaan darah di Laboratorium di Jalan Sisingamangaraja Medan dengan hasil demam typoid.

Baca Juga:  Polres Bogor Lakukan Penyekatan Di Perbatasan Cianjur-Sukabumi

“YML sempat kembali ke Sei Bamban namun kondisi demamnya tidak juga turun,” ucap Akmal.

Masih kata Akmal, kondisi yang tidak membaik membuat keluarganya membawa YKL berobat ke RS Elisabet kemudian menjalani test Swab PCR. Hasilnya dinyatakan YML dinyatakan positif Covid-19.

“Dengan dinyatakan positif Covid-19, Dinas Kesehatan kemudian melakukan tracing untuk mendata orang yang menjalin kontak dengan YML,” bilangnya.

Menurutnya, ada 6 orang yang kontak langsung dengan YML telah dilakukan rapid test dan diwajibkan melakukan isilasi mandiri di rumah Hal ini guna mencegah penyebaran Covid-19.

Baca Juga:  Uya Kuya Disebut Bisa Bantu Ungkap Kasus Pembunuhan Brigadir J

“Ada 6 orang kontak dengan YML dilakukan rapid test dan melakukan isolasi mandiri,” terang Akmal.

Dari data total kasua Covid-19 di Kabupaten Serdang Bedagai, jumlah ODP yang masih menjalani masa pantau selama 14 hari jadi sebanyak 266 orang. Sedangkan yang sudah menjalani isolasi atau karantina mandiri dan dinyatakan selesai pantau dan sehat sebanyak 793 orang. Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) saat ini ada 1 orang.

Jumlah PDP yang selesai pengawasan sebanyak 40 orang. Jumlah ODP yang meninggal ada 2 orang. Jumlah PDP yang meninggal ada 6 orang. Jumlah warga meninggal positif Covid-19 sebanyak 1 orang.

Baca Juga:  Timnas Indonesia Ditahan Imbang Ekuador di Laga Perdana Piala Dunia U-17

Jumlah Warga yang saat ini dinyatakan Positif Covid-19 dan sedang dalam perawatan isolasi sejumlah 7 orang yaitu 3 orang di RS GL Tobing Tanjung Morawa, 2 orang masih dirawat di RS Martha Friska, 1 orang dirawat di RS Mitra Sejati Medan dan 1 orang yang baru terkonfirmasi Positif Covid19 merupakan PDP yang telah dirawat di RS St. Elisabeth Medan.

Sementara itu 14 orang Positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh di mana 3 orang berasal dari Kec Dolok Masihul, 5 orang dari Kec Perbaungan, 5 orang dari Kec Sei Rampah dan 1 orang dari Kecamatan Dolok Merawan. (Red)