Rencana DOB Cianjur Selatan, Herman: Pemekaran Harga Mati

JABARNEWS | CIANJUR – Rencana pemekaran Cianjur Selatan untuk menjadi calon Daerah Otonomi Baru (DOB) di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat terus diprioritaskan.

“Cianjur Selatan menjadi prioritas, untuk masuk nominasi menjadi kabupaten,” ujar Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, Selasa (14/07/2020).

Ia mengatakan akan ters mengawal pelaksanaan DOB ini sampai tuntas yang dinilainya Calon DOB ini merupakan proses yang sangat panjang.

“Pemekaran Cisel harga mati. Jadi, harus terus dikawal oleh semua pihak, pada saat moratorium dibuka oleh Pemerintah Pusat nantinya,’ ujarnya.

Baca Juga:  Polri Amankan 212 Tersangka Kasus TPPO, Paling Tinggi Wilayah Jawa Barat

Selaku pemangku kebijakan di Cianjur saat ini, Herman mengatakan kantor Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Cianjur Selatan sudah disiapkan, rencananya titik lokasinya di Desa Mekarlaksna, Kecamatan Sindangbarang.

Adapun wilayah Kabupaten Cianjur Selatan, nantinya akan mencakup 14 Kecamatan, diantaranya Kecamatan Sindangbarang, Naringgul, Cidaun, Agrabinta,Leles, Cibinong, Tanggeung, Pagelaran, Sukanegara, Pasirkuda, Cikadu,Cijati, Kadupandak dan terkahir Kecamatan Takokak.

Seperti diketahui, pemekaran DOB Cianjur Selatan telah diresmikan pada Senin (13/7/2020), di alun-alun Kecamatan Sindangbarang.

Suasana haru dan suka cita terlihat dari raut wajah peserta dan tamu undangan yang hadir dalam rapat paripurna HJC ke-347, terutama berbagai kalangan warga Cianjur Selatan yang tergabung dalam Paguyuban Masyarakat Cianjur Kidul (PMCK) karena harapan mereka untuk menjadi kabupaten mandiri segera terwujud.

Baca Juga:  Harus Paham, Ini Aturan Baru Hari Libur Pekerja Berdasarkan Perppu Cipta Kerja

Ketua Paguyuban Masyarakat Cianjur Kidul (PMCK), Ceng Badri mengatakan, eksekutif dan legislatif Kabupaten Cianjur telah menandatangani surat nota kesepakatan bersama, untuk proses pemekaran, yang akan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB).

“Kini bersama-sama untuk mengawal proses pemekaran,” katanya.

Ceng Badri menambahkan, proses pemekaran ini merupakan perjuangan panjang masyarakat Cianjur Selatan yang ingin mempunyai kabupaten sendiri.

Baca Juga:  Siap-siap! Ribuan Anggota PPS di Cianjur Akan Jalani Rapid Test

“Supaya lebih sejahtera Kedepanya dan bisa mandiri,” imbuhnya.

Ceng Badri menambahkan, ini merupakan sejarah. Harapan, mudah-mudahan akan menjadi semangat, untuk serta menjdi sebuah energi besar masyarakat Cianjur Selatan,

Bagaimana supaya bisa lebih menyemangati, bagimana membangun kebersamaan, mewujudkan persatuan, bagimana bersama-sama berpartisipasi untuk membangun daerah. Sangat mengapresiasi, dan menyambut baik. Semoga suatu saat nanti pemekaran bisa cepat terealesasikan sesuai harapan masyarakat,” pungkasnya. (Mul)