Ridwan Kamil Umumkan Hasil PSBM Secapa AD

JABARNEWS | BANDUNG – Klaster baru penyebaran Covid-19 di Jawa Barat, Institusi Pendidikan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) yang sebelumnya tercatat ada 1.200 pasien yang dinyatakan positif Virus Corona memberikan kabar baik.

Pasalnya, ada 98 dari jumlah keseluruhan yang sudah dinyatakan sembuh berdasarkan keterangan tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Barat.

Ketua gugus tugas Jawa Barat, Ridwan Kamil berdasarkan laporan dari Panglima Kodam mengatakan hal tersebut berdasarkan hasil test swab yang dilakukan di Secapa AD. Ini akan menjadi suatu tanda bahwa tingkat kesembuhan di Institusi tersebut sangat tinggi.

Baca Juga:  KSPSI Purwakarta Respons Positif Keputusan Ridwan Kamil Soal UMK di Jabar

“Pengendalian Covid-19 di Jawa akan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM), salah satunya membatasi aktivitas keluar masuk orang dan dilakukan pengetesan masif bagi warga sekita” ucap Ridwan Kamil, Senin (13/7/2020) malam.

Ridwan Kamil mengatakan, berdasarkan laporan gugus tugas Kota Bandung, PSBM sudah dilakukan atau akan dilakukan segera di kecamatan klaster institusi pendidikan kenegaraan, dimana pintu keluar-masuk tidak bebas, hanya penghuni.

Baca Juga:  Ini Cara Kapolsek Wanayasa Ajak Warga Jaga Kamtibmas

“Warga sekitar tidak boleh menolak tes Covid-19 karena kalau sudah masuk kategori kritis atau merah, maka semua wajib. Tim yang mengetes akan dibantu petugas keamanan,” katanya.

Ridwan Kamil juga mengimbau gugus tugas kabupaten/kota untuk menahan pembukaan tempat hiburan indoor, seperti bioskop dan karaoke karena berdasarkan hasil kajian, penularan Covid-19 di tempat tertutup berlangsung cepat.

Baca Juga:  Hari Anak Nasional, Ridwan Kamil Adopsi Bayi Lucu

“Saya imbau gugus tugas kota/kabupaten belum dulu izinkan kegiatan yang sifatnya indoor seperti bioskop. Dari hasil kajian, virus beredar lebih cepat di indoor yang tidak berventilasi karena droplet muter di situ. Kalau ada ventilasi, droplet terbawa suhu panas ke jendela dan droplet bisa hilang,” jelasnya.(Red)