Selamatkan Regenerasi Tape Uli, Lurah Cisalak: Mencari Bibit Baru

JABANEWS | DEPOK – Tape Uli khas Kota Depok membutuhkan perhatian lebih terutama dari warga Kelurahan Cisalak Kecamatan Cimasnggis Kota Depok.

Pasalnya Tape Uli ini kondisinya makanan tradisional ini sudah secara turun temurun, namun seiring perkembangan zaman tidak ada lagi regenerasi yang mampu membuat kudapan ini.

Lurah Cisalak akan mendorong tape uli menjadi makanan khas Kota Depok yang diakui seluruh warga Depok khususnya, dan akan terus mendorong masyarakatnya agar konsisten memproduksi kue yang berbentuknya kecil dan memiliki rasa yang legit ini.

Baca Juga:  Heboh Temuan Mayat Laki-laki di Tangga Darurat Sebuah Apartemen, Istri Diperiksa Polisi

“Tape uli khas Cisalak itu unik, disamping bentuknya yang kecil rasanya juga legit, beda dengan tape pada umumnya,” kata Lurah Cisalak, Wiyana seperti yang dilansri dari berita Depok.

Baca Juga:  Ini Hukuman Bharada E Setelah Sidang Kode Etik

Wiaya juga melalui kader PKK Kelurahan terus gencar untuk memotivasi dan melakukan pemberdayaan kepada generasi milenial agar bisa melanjutkan produksi tape uli, supaya makanan khas ini dapat terus berkembang dan tidak hilang ditelan zaman.

“Kami sedang mencari bibit baru di masyarakat yang mau mengolah dan membuat tape uli. Tidak hanya itu kultur budayanya juga harus diteruskan,” jelasnya.

Baca Juga:  Ganjil Genap di Bandung Diklaim Efektif, Polisi Kaji Penerapan di Dalam Kota

Upaya tersebut menurut Wiyana, dilakukan karena tahun ini pihaknya tengah fokus pada pengembangan potensi lokal. Khususnya sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Saya sudah instruksikan untuk semua kegiatan atau acara di kelurahan dan kemasyarakatan harus ada makanan khas Cisalak yakni tape uli,” tandasnya. (Red)