Ini Cara Antisipasi Penyebaran COVID-19 Di Ruang Tertutup

Transmisi melalui udara juga terjadi melalui percikan air liur atau droplet yang dikeluarkan ketika seseorang itu batuk, bersin, berbicara atau bahkan bernyanyi.

dr Reisa Broto Asmoro (Foto: BNPB)

JABARNEWS | JAKARTA - Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 menjelaskan lima cara untuk mengantisipasi kemungkinan penyebaran COVID-19 di dalam ruangan tertutup.

"Dalam rangka mencegah tertular dan menulari COVID-19 kita harus benar-benar mengerti bagaimana, kapan dan dalam situasi apa saja penyebaran virus SARS-CoV-2 terjadi antar manusia," kata anggota Tim GTPP COVID-19 Reisa Broto Asmoro dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (14/7/2020).

Baca Juga:

Tips Kontrol Nafsu Makan Ala Dokter Reisa

Antisipasi COVID-19, Imigrasi Sukabumi Panggil Perusahaan Jasa TKA



Reisa mengatakan bahwa berdasarkan pernyataan resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 9 juli 2020, transmisi atau penularan SARS-CoV-2 dapat terjadi terutama melalui percikan atau buliran air liur atau droplet baik secara langsung, tidak langsung ataupun melalui kontak dekat.

Transmisi melalui udara itu dapat terjadi pada beberapa tindakan medis yang menimbulkan aerosol atau tetesan pernapasan yang sangat kecil yang dapat melayang di udara, seperti pada saat bronkoskopi, intubasi trakea, pemberian tekanan pada dada saat resusitasi jantung dan kegiatan serupa lainnya yang biasa dilakukan di fasilitas kesehatan.

Selain itu, transmisi melalui udara juga terjadi melalui percikan air liur atau droplet yang dikeluarkan ketika seseorang itu batuk, bersin, berbicara atau bahkan bernyanyi.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Antisipasi Penyebaran Covid-19 Ruang Tertutup Reisa Broto Asmoro Organisasi Kesehatan Dunia WHO Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Waduh! Wakil Menkes Ini Dinyatakan Positif Idap Covid-19

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi