Manfaat Air Jahe Bisa Turunkan Berat Badan, Mitos Atau Fakta?

JABARNEWS | BANDUNG – Rempah-rempah tradisional Jahe memang sudah terkenal akan khasiatnya, Iya benar, aromanya yang khas dan rasanya yang hangat menghasilkan berbagai dampak baik bagi tubuh.

Selain itu, jahe yang selain bisa menjadi bumbu dalam makan juga bisa di buat sebagau minuman, Apa itu? iya, air jahe tepatnya, masyarakat sudah lama mengan terkait air jahe yang memiliki khasiat luar bissa untuk kesehatan

Air jahe juga diketahuii bisa meringankan gejala penyakit dari peradangan hingga nafsu makan, namun apakah benar air jahe bisa menurunkan berat badan?

Baca Juga:  Anugerah LPPL Award 2021, Kuningan FM Terbaik se-Indonesia

Dilansir dari, Healthline, berbagai literatur medis menunjukkan bahwa jahe dapat membantu Anda mencapai berat badan ideal dengan dibarengi diet sehat dan olahraga.

Senyawa yang berperan besar pada manfaat jahe untuk membentuk berat badan ideal ini adalah gingerol dan shogaol. Kedua senyawa tersebut merangsang beberapa aktivitas biologis.

Baca Juga:  Geledah Empat Lokasi di Bogor, KPK Temukan Barang Bukti Soal Kasus Suap Ade Yasin

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Metabolism tahun 2012 menemukan bahwa pria dengan kelebihan berat badan yang mengonsumsi jahe tetap merasa kenyang lebih lama.

Penelitian lain yang menganalisis metadata beberapa penelitian terdahulu, terbit dalam jurnal Critical Review in Food Science and Nutrition, juga menunjukkan bahwa konsumsi jahe memiliki efek signifikan pada berat badan dan lemak perut.

Efek ini karena senyawa gingerol mendorong aktivitas tubuh tertentu yang membantu makanan untuk dicerna lebih cepat dan merangsang tubuh mempercepat makanan yang dicerna melalui usus besar.

Baca Juga:  Dua Oknum Pegawai Pemkot Terlibat Narkoba

Selain itu, penelitian di Journal of the Science of Food and Agriculture menemukan bahwa jahe dapat menstabilkan kadar gula darah.

Jadi begitulah, khasiat jahe secara singkat terhadap tubuh yang bisa berpengaruh pada berat badan, dengan menerapkan pola hidup sehat dan olah raga, jahe bisa membantu menurunkan berat badan. (Red)