Ngeri.. Anak 10 Tahun Menderita Penyakit Misterius, Pemerintah Acuh

JABARNEWS | CIREBON – Penyakit yang belum di ketahui ini dirasakan oleh Nazwa, anak perempuan yang berusia 10 tahun, ia sangat kurus, terlihat lemas hingga dia pun tak mampu menopang badannya sendiri untuk berdiri selama 6 bulan ini.

Nama lengkap Najwa Salsabila merupakan anak kedua dari tiga bersaudara dari pasangan Boni dan Yati Susanti. Keluarga ini tinggal di Blok Barosan, RT 03 RW 02, Kelurahan Pesalakan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon.

Berbeda dengan sang kakak yang tumbuh normal seperti anak-anak pada umumnya, Najwa tidak bisa berbuat apa-apa. Untuk bergerak, dia harus selalu dipapah.

Ibu dari Nazwa, Yati mengatakan, gejala awal yang dialami buah hatinya hanya batuk biasa. Kemudian dirinya membawa Nazwa ke bidan untuk diperiksa. Kata bidan, jelas Yati, bocah kelahiran 13 Mei 2010 itu harus mendapatkan penanganan kesehatan yang lebih mendalam.

“Lalu saya bawa ke IGD, setelah itu di uji lab. Menurut hasil lab tidak apa-apa tetapi 3 minggu kemudian kembali sakit. Tetapi saya tidak bawa ke rumah sakit, saya bawa ke dokter-dokter terdekat saja, karena faktor ekonomi saya tidak mampu untuk dibawa ke rumah sakit. Bahkan untuk berobat ke dokter terdekat saja saya pinjam dulu ke tetangga atau saudara,” kisahnya dilansir dari suara cirebon, Selasa (14/7/2020).

Baca Juga:  Muhammadiyah Usul Libur Lebaran Diperpanjang Jadi Dua Hari, Akankah Perayaan Hari Idul Adha Berbeda?

Kemudian, lanjut dia, ibunda Yati menyuruhnya untuk membawa Nazwa ke rumah sakit lagi. Saat masuk IGD, kondisinya sudah kritis, bahkan tubuhnya membengkak karena jantung dan paru-parunya membesar. Saat itu sempat masuk ruang ICU dan dirawat selama sepekan. Selama itu transfusi sel darah putih dan HB habis 2 kantong.

Sebelumnya, kata sang ibu, pada usia lima tahun, Nazwa sempat mengalami keanehan, jalannya Nazwa sempat terlihat sempoyongan, tapi masih bisa beraktivitas seperti anak sebayanya.

Baca Juga:  Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman Resmi Jadi Tahanan KPK

“Menginjak usia 8 tahun, kondisi Najwa agak lemah secara fisik. Namun Najwa tidak mengeluhkan sakit, entah ditahan sendiri rasa sakitnya. Karena Najwa termasuk anak pendiam dan tidak pernah menceritakan kepada orang tuanya,” terang Yati.

Sebagai orang tua, dia bersama suaminya terus berupaya melakukan pengobatan keberbagai rumah sakit yang ada di Cirebon, bahkan hingga ke Bandung. Dalam upayanya ini terselip harapan agar kesehatan buahnya dapat pulih dan kembali normal serta dapat tumbuh berkembang seperti anak seusianya.

Pihak rumah sakit mengatakan itu kanker getah bening atau leukimia, tetapi itu belum pasti hinngga memberikan rujukan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Akibat pandemi Covid-19 Yati mengalami kendala. Karena, untuk ke RSCM harus disertai surat keterangan dari pihak kelurahan atau RT/RW setempat.

Yati berharap anaknya bisa segera sembuh dengan diketahui jenis penyakitnya, Yati juga menginginkan anaknya kembali normal agar dia bisa beraktivitas sebagai mana anak seusianya.

Baca Juga:  Corona Menggila, Tempat Isolasi Postif Covid-19 di Bekasi Penuh

“Harapannya, ingin anak saya cepat sembuh dan bisa dibawa ke RSCM. Jadi biar tahu penyakit anak saya itu apa. Tetapi karena terbentur biaya, jadi saya belum bisa membawa anak saya periksa ke sana. Saya ingin melihat anak saya normal kembali dan bisa bersekolah kembali seperti dulu lagi,” harapnya.

Dalam menopang perekonomian keluarga, ayahanda Najwa bekerja sebagai buruh di pabrik daur ulang plastik. Sehingga, dengan kondisi yang terbatas, Yati berharap mendapatkan perhatian dari pemerintah untuk kesembuhan buah hatinya.

“Sampai saat ini belum ada bantuan dari pihak pemerintah setempat, padahal saya anggota kader PKK di kelurahan. Dan saya pun sudah melaporkan ke sesama teman kader PKK kondisi anak saya, tetapi sampai saat ini belum ada sentuhan bantuan dari pihak kelurahan,” pungkasnya. (Red)