Sekda Kota Bogor Segera Diganti, Dedie A Rachim: Cari Figur Terbaik

JABARNEWS | BANDUNG – Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengatakan pihaknya akan menyiapkan pelaksanaan teknis untuk mengganti pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) di wilayah tersebut pad tahun ini.

Penggantian tersebut, dilakukan bukan tanpa alasan, pasalnya Sekda Kota Bogor pada tahun ini yakni Ade Sarip Hidayat pada tahun depan sudah tidak bisa melanjutkan tugasnya alias pensiun.

“Benar Pak Sekda akan pensiun pada tahun ini. Sekarang Pak Sekda masih bekerja,” ujar Dedie A Rachim, Wakil Wali Kota Bogor, Rabu, (16/07/2020).

Menurut Dedie A Rachim, Pemerintah Kota Bogor akan menyiapkan figur terbaik untuk pengganti Ade Sarip Hidayat sebagai Sekretaris Daerah ketika memasuki masa pensiun.

Baca Juga:  Emil Sebut PSBB Jabar Momen Untuk Tes Masif Covid-19

“Proses penggantiannya akan dilakukan sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku,” katanya.

Pemerintah Kota Bogor, kata dia, akan membentuk panitia seleksi yang unsurnya dari dalam dan dari luar Pemerintah Kota Bogor.

“Calon-calonnya akan dipilih dari figur yang terbaik dengan kinerja yang baik,” katanya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bogor, Taufiq, menambahkan, BKPSDM pada saatnya akan membentuk panitia seleksi (Pansel) untuk pengisian jabatan Sekretaris Daerah atau jabatan tinggi pratama.

Baca Juga:  Tempuh Puluhan Km Bareng Warga, Ini Cara Sosialisasi 4 Pilar Ala Dedi Mulyadi

“Figur dari luar yang akan direkrut adalah figur yang mumpuni dan memiliki integritas tinggi. Pembentukan pansel ini, akan dikonsultasikan ke KASN (Komisi Aparat Sipil Negara),” katanya.

Menurut Taufiq, pembentukan Pansel ini jumlahnya ganjil serta unsurnya dari dalam dan dari luar Pemerintah Kota Bogor, komposisinya adalah 45:55.

Taufiq menggambarkan, figur dari luar Pemerintah Kota Bogor ada banyak pilihan, misalnya Rektor perguruan tinggi terkenal di Bogor, figur dari Kementerian PAN-RB, dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN), atau dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga:  Kemenag Perketat Kapasitas Jamaah di Masjid selama Bulan Ramadhan

“Tim pansel yang dibentuk, yakni dari dalam dan dari luar Pemkot Bogor jumlahnya ganjil,” katanya.

Ade Sarip Hidayat yang lahir pada10 September 1960 dilantik menjadi Sekretaris Daerah oleh Wali Kota Bogor Diani Budiarto pada 6 Maret 2014 setelah sebelumnya selama sekitar enam bulan menjadi Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris Daerah.

Pelantikan Ade Sarip Hidayat sebagai Sekretaris Daerah Kota Bogor berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan Nomor 133/Kep.1196-BKD/2014, tanggal 26 Februari 2014. (Red)