Program Promotif Preventif BPJAMSOSTEK Cimahi Tekan Angka Kecelakaan Kerja

JABARNEWS | CIMAHI – BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Cimahi terus mendukung upaya Pemerintah Kota Cimahi dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Diantaranya dengan menyalurkan bantuan kepada 4 perusahaan dan 2 pusat layanan kecelakaan kerja (PLKK).

Bantuan tersebut diserahkan langsung di Kantor BPJAMSOSTEK Cimahi, hari ini, Kamis (16/7/2020) oleh Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Cimahi, Aang Supono kepada perwakilan dari pihak perusahaan dan rumah sakit PLKK.

Tindakan preventif yang dilakukan dengan menyalurkan bantuan ke empat perusahaan yaitu PT. Sanbe Farma, PT. Kwangduk Worldwide, PT. Lestari Mahaputra Buana dan Yayasan Kartika Eka Paksi (UNJANI). Adapun bantuan yang diberikan meliputi 900 multivitamin, 4.700 masker, dan memberikan 6 Set Poster Akrilik K3 untuk dipasang di tempat strategis yang dapat dilihat oleh pekerja dalam rangka mengedukasi untuk pencegahan kecelakaan kerja dan atau penyakit akibat kerja.

Baca Juga:  Positif Covid-19, Rektor IPB University Tetap Beri Sambutan

Sedangkan untuk dua PLKK yang mendapatkan bantuan yaitu RSUD Cibabat-Cimahi dan RS. Avisena, adapun bantuan yang diberikan meliputi 50 Set Alat Pelindung Diri (APD) yang terdiri dari masker N95, pelindung mata/safety goggles, pelindung wajah/face shield, sepatu keamanan karet/safety booth, sarung tangan karet/rubber gloves dan coverall medis/hazmat suit untuk membantu rumah sakit dalam mencegah penularan dan memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Cimahi, Aang Supono mengatakan, apa yang dilakukan jajarannya merupakan salah satu wujud kepedulian terhadap tenaga kerja di Kota Cimahi dan tenaga medis yang merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19, semoga bantuan ini dapat berguna dan bermanfaat.

Baca Juga:  302 Personel Gabungan Amankan Deklarasi Damai

“Penyelenggaraan kegiatan promotif dan preventif ini selain untuk membantu perusahaan dalam melaksanakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, sekaligus untuk membantu dalam peningkatan tertib administrasi data kepesertaan dan iuran oleh perusahaan. Tujuan akhir dari pemberian bantuan ini adalah untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja,” jelas Aang melalui siaran persnya, Kamis (16/7/2020).

Dalam kesempatan tersebut BPJAMSOSTEK Cimahi menyampaikan selama masa Pandemi Covid-19 ini, Protokol Layanan Tanpa Kontak Fisik (LAPAK ASIK) dilakukan bagi peserta yang ingin mengajukan klaim JHT, peserta silahkan masuk ke link: https://antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id/, kemudian mengisi formulir antrian online, ketiga cetak bukti antian online, keempat siapkan dokumen pengajuan klaim, kelima meng-unduh lampiran dokumen pengajuan klaim dan terakhir lampirkan/upload dokumen sesuai petunjuk ke link/email yang telah ditentukan.

Baca Juga:  Tips Ini Bisa Hilangkan Stres Karena Pandemi Covid-19

“Pastikan email, nomor hp dan rekening tabungan bapak/ibu benar dan masih aktif. Bagi bapak/ibu yang telah mengikuti langkah-langkah tersebut, maka tidak perlu lagi untuk datang ke kantor. Petugas kami akan menghubungi melalui whatsapp video call”, ujar Aang.

Pihaknya berkomitmen untuk tetap memberikan layanan terbaik untuk kemudahan dan kecepatan proses klaim kepada para peserta serta mendukung pemerintah dalam menghentikan pandemi covid-19.

“Semoga pandemi ini dapat cepat berlalu dan masyarakat kembali sehat agar bisa beraktifitas seperti sediakala,” tutup Aang. (Zal)