Bantu UMKM Kota Bogor, Legislator Minta Kebijakan Sinergis Hulu-hilir

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Kota Bogor hendaknya tidak hanya memprioritaskan kebijakan di hulu yakni produksi, akan tetapi juga menggalakkan kebijakan di hilir yakni pemasaran produk UMKM lokal.

Hal tersebut seperti dikatakan Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto, dimana UMKM tetap eksis dan tumbuh pada situasi pandemi COVID-19.

“Pemerintah daerah perlu membuat kebijakan yang terintegrasi di hulu dan hilir sehingga produk dari UMKM dapat terserap dengan baik di pasar,” kata Atang Trisnanto, di Kota Bogor, Kamis (16/07/2020)

Baca Juga:  Prajurit TNI Bantu Rehab Gedung SDN Cisaat

“Ada bantuan, dukungan dan stimulus, dari pemerintah maupun swasta terhadap UMKM yang membuat UMKM dapat terus eksis,” katanya.

Selain itu, Magister Ilmu Ekonomi dari IPB ini menambahkan pemberdayaan UMKM tersebut juga memerlukan adanya dukungan bantuan modal maupun pemasaran produk.

Baca Juga:  APPI Kaget Rupanya Presiden Jokowi Tak Tahu Proses UU Sisdiknas

“Persoalan yang banyak dihadapi pelaku UKM adalah persoalan modal, kesulitan menjangkau perbankan, serta kesulitan menembus pasar. Banyak UMKM yang sulit bersaing dengan produk pabrikan,” katanya.

Menurut dia, Pemerintah Kota Bogor, DPRD Kota Bogor, maupun instansi lainnya di Kota Bogor, dapat membantu pelaku UMKM sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, menggunakan produk UMKM untuk kebutuhan makan dan minum di kantor, maupun pemeliharaan taman, dan bangunan.

Baca Juga:  Sehari Ini Tambah 40 Ribu, Kasus Covid-19 di Indonesia Telah Menyerang 4,6 Juta Orang

Saat ini, DPRD Kota Bogor sudah menggunakan jasa penyediaan makan dan minum yang berasal dari UMKM. Pemeliharaan taman dan gedung DPRD juga telah menggunakan jasa pelaku usaha lokal.

“Pemanfaatan jasa UMKM ini meskipun mungkin belum memiliki dampak besar, paling tidak ini wujudkan keberpihakan terhadap UMKM,” katanya. (Red)