Pelaku UMKM Bisa Dapat Pinjaman Modal Dalam 15 Menit, Ini Caranya

JABARNEWS | JAKARTA – Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Perekonomian RI, menggandeng Himbara dan e-Commerce meluncurkan fasilitas Digital Lending yang tersedia di e-Commerce untuk pelaku UMKM Digital. Fasilitas peminjaman modal tersebut diberi nama DigiKu.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, keberadaan DigiKu menjadi solusi bagi UMKM untuk mendapat modal. Proses yang dibutuhkan dalam mendapat modal ditargetkan hanya 15 menit.

Baca Juga:  Penyelenggara Pemilu Diminta KPK Waspadai Potensi Politik Uang

“Keselarasan data akan mempercepat pengajuan dan persetujuan kredit bagi UMKM hanya dalam 15 menit. Program DigiKu menjadi bukti nyata keberpihakan Himbara bagi pelaku UMKM,” ujar Menko Luhut dalam diskusi virtual, Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Menko Luhut mengatakan, DigiKu menyediakan bantuan modal finansial sebanyak Rp4,2 triliun bagi 1 juta unit UMKM. Inovasi tersebut diharapkan menjadi solusi permodalan yang selama ini banyak dikeluhkan.

Baca Juga:  Amanda Manopo Minta Scene Baby Askara di Ikatan Cinta Dikurangi, Ternyata Ini Penyebabnya

“Hari ini kita akan menjadi saksi inovasi yang menjawab kebutuhan permodalan pelaku UMKM, berbentuk penyaluran pinjaman secara online bagi mitra UMKM. Melalui inovasi program ini bantuan modal finansial senilai Rp4,2 triliun akan disalurkan bagi 1 juta unit UMKM yang ada dalam ekosistem digital,” jelasnya.

Baca Juga:  IDI Khawatirkan Demontrasi Akan Jadi Klaster Baru Covid-19

UMKM pengakses modal tersebut, kata Menko Luhut, masih bisa bertambah apabila penyerapan cukup tinggi.

“Angka ini bisa kita tambah lagi sejalan dengan penyerapan yang dilakukan UMKM. Program ini akan menyelaraskan basis data mitra UMKM pada ekosistem digital data nasabah yang dimiliki Himbara,” tandasnya. (Red)