Soal Kasus Diananta Pemred Banjarhits, Ini Kata Dewan Pers

Merujuk kepada UU Nomor 40/1999 tentang penanganan sengketa pers, maka PPR tersebut sudah menyelesaikan semua masalah.

Sidang perkara Diananta Pemred Banjarhits di Pengadilan Negeri Kotabaru. (Foto: JabarNews)

JABARNEWS | BANDUNG - Kasus hukum Pemimpin Redaksi Banjarhits (Partner 1001 Media Kumparan), Diananta Putra Sumedi, memasuki babak baru. Teranyar, perkaranya kembali digulirkan Pengadilan Negeri Kotabaru (PN) dengan mendatangkan saksi ahli dari Dewan Pers, Wina Armada Sukardi.

Wina hadir sebagai saksi ahli yang didatangkan oleh tim penasihat hukum Diananta dari Kantor Advokat Bujino A Salan via sidang virtual, pada Senin (12/7/2020).

Baca Juga:

Tabloid Indonesia Barokah, Polri Tunggu Kajian Dewan Pers

Dewan Pers Bentuk Satgas Media Online, Berantas Jurnalis Abal-abal



Ia berupaya membantu meringankan perkara Diananta yang mestinya sedari awal tuntas saja oleh Dewan Pers. Dalam kesaksiannya di hadapan Majelis Hakim PN Kotabaru, Wina pada intinya ingin menegaskan bahwa kasus ini mestinya tak terjadi kepada Diananta yang hanyalah seorang individu, sekaligus perpanjangan tangan dari Kumparan dengan memakai akun Banjarhits.

“Saya melihat pihak kedua (Diananta) hanya lah perpanjangan tangan pihak pertama, sehingga Diananta tidak bisa melakukan apa-apa tanpa persetujuan pihak pertama, yaitu, Kumparan,” kata Wina melalui siaran pers yang diterima redaksi, Sabtu (18/7/2020).

Dalam membaca perjanjian antara Kumparan dan Diananta, Wina tidak melihat satu pasal pun yang melepaskan tanggung jawab pidana jurnalistik kepada pihak pertama dan ditanggung oleh pihak kedua. Wina menambahkan jika dilihat dari kerangka perjanjiannya, Diananta sebagai individu hanya pelaksana pihak pertama.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Dewan Pers Pemred Banjarhits Udang-Undang Pers Kasus Pemberitaan Saksi Ahli Wina Armada Sukardi Diananta Putra Sumedi Media Mitra Kumparan Pengadilan Negeri Kotabaru Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

PN Jakarta Pusat Tolak Gugatan SPRI Dan PPWI Kepada Dewan Pers

Jabarnews.com Lolos Verifikasi Faktual Dewan Pers

AMSI Jabar Jalani Verifikasi Sebagai Kontituen Dewan Pers

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi