Solusi Strategis Pembelajaran di Tengah Pandemi

Nelly, M.Pd. (Foto: Dok. Pribadi)

Penulis: Nelly, M.Pd (Pemerhati Dunia Pendidikan, Aktivis Peduli Generasi)

Tahun ajaran baru telah dimulai, pemerintah menetapkan pembelajaran dengan sistem jarak jauh (daring) tetap dilakukan dan diperpanjang. Kebijakan ini didasarkan pada Surat Edaran (SE) Mendikbud No 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran covid-19. Salah satu isi SE tersebut adalah memberikan imbauan untuk belajar dari rumah melalui pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh.

Baca Juga:

Teras Narang Usul Pemerintah Segera Terbitkan PP Kedaruratan Kesehatan

Perantau Diharapkan Menahan Diri Tidak Mudik Saat Pandemi



Namun ada pengecualian pada daerah yang telah ditetapkan sebagai zona hijau oleh gugus tugas covid-19. Pada daerah zona hijau masih menunggu keputusan pemerintah daerah apakah akan tetap belajar dari rumah secara daring atau sekolah dibuka kembali, artinya sistem pembelajaran akan bertatap muka.

Seperti yang dilansir pada laman detiknews.com, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 memungkinkan beberapa wilayah yang berada di zona hijau untuk memulai kegiatan belajar secara tatap muka. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meminta pihak sekolah tetap mengedepankan protokol kesehatan secara ketat.

"Beberapa kabupaten/kota yang merupakan zona hijau menurut Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nasional, dimungkinkan memulai pembelajaran tatap muka dengan persyaratan protokol kesehatan yang ketat," kata Nadiem melalui keterangan tertulis, Minggu (12/7/2020).
Halaman selanjutnya 1 2 3 4 5
Tags : Strategis Pembelajaran Pembelajaran Jarak Jauh Belajar Daring Pandemi Covid-19 Mendikbud Nadiem Makarim Protokol Kesehatan Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Pandemi Covid-19, Menag Keluarkan SE Panduan Ibadah Ramadan

Ridwan Kamil Minta Status PSBB Diberlakukan di Daerah Ini

PGRI Ciamis Bantu Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi