Dukung UMKM Terus Berinovasi, Begini Peran Pemkab Cianjur

JABARNEWS | CIANJUR – Pemerintah Kabupaten Cianjur mendorong pelaku UMKM untuk terus berinovasi dengan memanfaatkan teknologi seperti jejarig sosial.

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan program dukung dan belanja produk UMKM lokal sudah dilakukan bahkan beberapa pelaku UMKM sudah merasakan manfaatnya.

“Seperti Mochi Momi di Desa Nagrak, sudah sangat merasakan manfaatnya dengan mendapat pesanan dari berbagai daerah hingga luar negeri,” ujar Herman Suherman, Selasa (21/07/2020).

Baca Juga:  Ini Keputusan Pemerintah Soal Pelaksanaan Salat Idul Adha

Ia menjelaskan selain mendorong untuk memanfaatkan tenologi untuk mendorong pelaku UMKM, pihaknya juma mendukung untuk mempasarkan produk di rak toko modern dan pusat perbelanjaan.

Kemudian terkait penjualan produk secara online bagi pelaku usaha UMKM di Cianjur, kata Herman, bukan hal baru karena sebagian besar sudah mengenal karena mendapat bimbingan dan pembinaan dari dinas terkait.

“Termasuk pengenalan produk secara langsung dengan mengikuti pameran diberbagai tingkatan mulai dari daerah hingga luar negeri. Sehingga produk UMKM Cianjur, cukup dikenal hingga keluar negeri mulai dari olahan makanan hingga lampu hias,” ujarnya.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Sebut 11.000 Vaksinator Siap Lakukan Vaksinasi Covid-19

Hingga saat ini, meskipun sempat terpengaruh dengan pandemi COVID-19, namun tidak membuat pelaku usaha sampai gulung tikar, bahkan sebagian besar UMKM di Cianjur, ungkap dia,

“Tetap bertahan dan mulai kembali bangkit seiring penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru dan New Normal. Beberapa pelaku UMKM konveksi mendapat keuntungan yang cukup besar selama memproduksi alat pelindung diri seperti masker secara massal atau eceran,” ujarnya

Baca Juga:  Soal Insentif Untuk Ustadz dan Ustadzah, Ini Kata Ma'ruf Amin

Menurut Herman Suherman, pihaknya akan terus mendorong agar UMKM Cianjur berkembang dan maju hingga produk yang dihasilkan dapat bersaing hingga keluar negeri.

“Pembinaan dan pendampingan akan lebih ditingkatkan melalui dinas terkait,” katanya. (Red)