DPRD Jabar Sebut Indramayu Perlu Waduk Tambahan

JABARNEWS | BANDUNG – DPRD Provinsi Jawa Barat menilai bahwa saat ini Kabupaten Indramayu membutuhkan penampungan air atau waduk untuk mengaliri persawahan selama musim kemarau.

Anggota DPRD Jabar fraksi PDIP, Hilal Hilmawan mengatakan, waduk yang selama ini ada salah satunya Situ Cipancuh atau Bendungan Cipancuh untuk mengaliri sawah belum sepenuhnya menyentuh semua persawahan di Indramayu.

Baca Juga:  Rapat Kerja DPR RI dengan Kapolri, Arteria Dahlan Jadi Bahan Guyonan

“Karena sejauh inikan waduk yang ada belum menyentuh desa-desa yang ada diujung, sehingga airnya telat karean sudah datang desa-desa di depan,” kata Hilal saat dihubungi, Rabu (22/7/2020).

Dia menyebut, adanya waduk akan sangat penting untuk menampung air yang nantinya mengali persawahan. Pasalnya, ungkap, Hilal, di Indramayu ini salah satu wilayah lumbung padi Nasional.

Baca Juga:  Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN Sementara Dihentikan, Ini Alasannya

Jika air sulit di dapatkan, lanjut Hilal di takutkan sawah-sawah ini bakal mengalami kekeringan, sehingga dapat berpengaruh terhadap hasil tani masyarakat.

“Saya sudah sering bicara dengan Kadis Pertanian Jabar soal waduk, cuman keliatan kekuatan APD provinis tidak sanggup untuk mewujudkan itu. jadi harus di lempar kepusat kalau untuk persolana itu, pak Kadis menyarankan untuk mendorong sama-sama di pusat,” ungkap anggota DPRD Jabar dapil Kabupaten Indramayu Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon ini.

Baca Juga:  Asal-usul Sisingaan Sebagai Kesenian Khas Subang Jawa Barat

Dia menambahkan, sejuah ini upaya-upaya yang sering dilakukan masyarakat agar air mengalri ke pesawahan yaitu melakukan normalisasi saluran pembutan irigasi di daearh persawahan, bantuan pompa air untuk petani biar meringankan kekeringan. (Rnu)