Baru Saja Gempa Bumi Guncang Bogor, Ini Laporannya

JABARNEWS | BOGOR – Gempa yang berkekuatan magnitudo 3,5 mengguncang wilayah darat pada jarak 61 km Barat Daya Bogor Jawa Barat pada kedalaman 10 kilometer atau koordinat gempa terletak di 6.8 LS dan 106.30 BT

Gempa yang terjadi pada pukul 14:11 WIB Rabu (22/7/2020) ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat.

Baca Juga:  Pengumuman SNMPTN 2022 Hari Ini, Begini Cara Ceknya

Hal ini dikatakan Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan Hendro Nugroho, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter.

“Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Bayah dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang), dan di Citorek, Cijaku, Sogong Panggarangan dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu),” ujarnya.

Baca Juga:  Sensasi Bermain Paddle Board dan Kayak Trial di Waduk Jatiluhur

Ia juga mengimbau kepada warga sekitar terjadinya gempa untuk tetap tenang tidak terpengaruh oleh isu yang belum diketahui kebenrannya.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujar Hendro.

Baca Juga:  Sedang Diet? Beli Makanan Disini Saja

Hingga tulisan ini dimuat, belum ada keterangan lain yang mengatakan terkait kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. Selain itu, pihak BMKG dari hasil monitoringnya belum menemukan petunjuk adanya aktivitas gempa gumi susulan. (Red)