Kota Bandung Kembali Masuk Zona Orange Covid-19, Ini Kata Pengamat

Pemerintah bisa mengambil langkah tegas agar masyarakat bisa mengerti bahwa Covid-19 ini bukan sekedar ancaman biasa, melainkan musuh yang sangat mengancam bangsa.

Pengamat Kebijakan Publik sekaligus Wakil Rektor 3 Universitas Pasundan Bandung, Dr. Deden Ramdan. (Foto: Dok. Pribadi)

JABARNEWS | BANDUNG - Pengamat Kebijakan Publik sekaligus Wakil Rektor 3 Universitas Pasundan Bandung, Dr. Deden Ramdan mengatakan ada 3 permasalahan kompleks yang menyebabkan Kota Bandung masuk ke dalam zona orange.

Menurutnya, permasalahan tersebut tidak segera ditangani oleh Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota. Deden menjelaskan, Ke 3 permasalahan itu adalah, tidak adanya keputusan terkait pemberlakuan sanksi bagi masyarakat yang tidak menjalankan protokol kesehatan, kejenuhan masyarakat terhadap PSBB, dan tekanan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga:

Antisipasi DBD, Pemkot Bandung Sambangi Sekolah

Wakil Wali Kota Bandung: Kadisdik Bukan Diberhentikan Tapi Habis Kontrak



"Ada 3 faktor yang menyebabkan hal seperti ini terjadi, dan bahkan jika tidak segera di atasi tidak menutup kemungkinan bisa semakin memburuk tidak hanya di Kota Bandung melainkan di seluruh daerah di Jawa Barat," kata Deden saat dihubungi, Kamis (23/7/2020).

Lebih lanjut, dia menjelaskan faktor-faktor pemicunya yang pertama belum adanya keputusan kongkrit dari pemerintah setempat untuk memberikan sanksi bagi masyarakat yang tidak menjalankan protokol kesehatan.

Kedua proses PSBB yang terbilang lama, memberikan kejenuhan tersendiri bagi masyarakat, sehingga ketika Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) diberlakukan masyarakat berbondong bondong berupaya melepaskan kepenatan yang mengakibatkan semakin parahnya dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian masyarakat
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Kota Bandung Zona Orange Pandemi Covid-19 Pengamat Kebijakan Publik Wakil Rektor 3 Universitas Pasundan Bandung Deden Ramdan Pemkot Bandung Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Mang Oded Berterima Kasih Pada Elih

Showroom Di Ujung Berung Terbakar, Dua Mobil Hangus

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi