Nadiem Makarim: Kemendikbud akan Evaluasi Ormas yang Lolos POP

JABARNEWS | JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim akan melakukan evaluasi lanjutan terhadap organisasi yang sudah lolos seleksi Program Organisasi Penggerak (POP).

“Kemendikbud telah memutuskan untuk melakukan proses evaluasi lanjutan untuk menyempurnakan POP,” kata Nadiem dalam webinar, Jumat (24/7/2020).

Nadiem mengatakan proses evaluasi lanjutan dilakukan setelah menerima sejumlah masukan terkait POP. Rencananya, evaluasi akan memakan waktu 3-4 pekan dengan mengukur tiga parameter.

Baca Juga:  Bikin e-KTP Cukup Lima Menit, Ini yang Dilakukan Desa Palasari

Pertama, Kemendikbud akan memastikan standar akuntabilitas organisasi yang lolos POP. Kedua, memastikan kredibilitas dan integritas organisasi. Ketiga, memastikan program yang dilakukan organisasi bisa dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19.

Menurut Nadiem, evaluasi ini akan melibatkan pihak eksternal, seperti lembaga pemerintahan, organisasi masyarakat yang sudah puluhan tahun berdedikasi di bidang pendidikan dan para pakar pendidikan.

Baca Juga:  Babak Baru Kebakaran Kejagung, Begini Temuan Polisi

“Kami sangat inginkan opini, pendapat, dan dukungan dari mereka,” ujarnya.

Program Organisasi Penggerak merupakan program peningkatan kualitas pendidikan dan penguatan sumber daya manusia yang digagas oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud. Beberapa waktu lalu, Kemendikbud mengumumkan ada 183 proposal dari 156 organisasi yang lolos seleksi.

Baca Juga:  Pengusaha Angkutan Umum Di Ciamis Terancam Gulung Tikar

Belakangan, kebijakan ini menuai kritik setelah dua organisasi Islam terbesar di Indonesia, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama, memutuskan mundur dari POP. Kedua organisasi mempertanyakan transparansi proses seleksi karena diduga ada Ormas abal-abal yang lolos dan mendapat bantuan dana hingga Rp 20 miliar. (Red)