Simak, Ini Macam KB dan Masing-masing Risikonya

JABARNEWS | BANDUNG – Keluarga berencana adalah salah satu dari 10 pencapaian besar kesehatan masyarakat abad ke-20. Ketersediaan layanan keluarga berencana memungkinkan individu untuk mencapai jarak kelahiran dan ukuran keluarga yang diinginkan, dan berkontribusi pada peningkatan hasil kesehatan untuk bayi, anak-anak, wanita, dan keluarga.

Keluarga berencana mengacu pada perencanaan kapan harus memiliki anak, dan penggunaan alat kontrasepsi. Keluarga berencana dicapai melalui penggunaan metode kontrasepsi dan pengobatan infertilitas sukarela.

Teknik lain yang umum digunakan termasuk pendidikan seks, pencegahan dan manajemen infeksi menular seks, konseling dan manajemen pra-konsepsi, dan manajemen infertilitas.

Dilansir dari Healthy People, kelahiran yang dihasilkan dari kehamilan yang tidak diinginkan dapat memiliki konsekuensi negatif termasuk cacat lahir dan berat lahir rendah. Anak-anak dari kehamilan yang tidak diinginkan lebih mungkin mengalami kesehatan mental dan fisik yang buruk selama masa kanak-kanak, dan memiliki tingkat pendidikan yang lebih rendah dan lebih banyak masalah perilaku di masa remaja mereka.

Oleh sebab itu penting untuk mempertimbangkan keluarga berencana jika Anda tidak benar-benar siap untuk memiliki momongan. Berikut macam KB yang bisa Anda gunakan dan kenali masing-masing risikonya:

Kondom– Kondom adalah satu-satunya bentuk kontrasepsi yang melindungi terhadap sebagian besar IMS serta mencegah kehamilan. Metode kontrasepsi ini dapat digunakan sesuai permintaan, bebas hormon dan mudah dibawa bersama Anda. Dan itu datang dalam varietas pria dan wanita

Kondom pria digulirkan ke penis yang ereksi dan bertindak sebagai penghalang fisik, mencegah sperma lewat di antara orang-orang saat berhubungan seks. Kondom wanita ditempatkan ke dalam vagina tepat sebelum berhubungan seks. Berdasarkan penggunaan tipikal, kondom wanita tidak seefektif kondom lateks pria dan mungkin perlu sedikit latihan untuk membiasakan diri.

Baca Juga:  Cuaca Ekstrim Jelang Malam Tahun Baru, BMKG Sebut Tol Cipali Rawan Bencana

Pro meliputi: Ini adalah perlindungan terbaik terhadap IMS; dapat digunakan sesuai permintaan; bebas hormon.

Kontra meliputi: Dapat sobek atau lepas saat berhubungan seks jika tidak digunakan dengan benar; beberapa orang alergi terhadap kondom lateks.

Pil Kontrasepsi– Macam KB yang bisa Anda terapkan yaitu minum pil kontrasepsi. Pil berupa tablet kecil yang diminum sekali sehari. Ada beberapa jenis pil yang bisa Anda pilih, jadi ini soal pil yang cocok untuk Anda. Pil kombinasi mengandung estrogen dan progestin dan pil mini hanya mengandung satu hormon, progestin.

Pil dapat memiliki banyak manfaat, namun mengingat untuk meminumnya tepat waktu adalah suatu keharusan.

Kelebihan minum pil meliputi: Sangat efektif bila digunakan dengan benar; memungkinkan spontanitas seks dan tidak mengganggu seks; beberapa pil bahkan dapat mengurangi periode yang berat dan menyakitkan dan / atau mungkin memiliki efek positif pada jerawat.

Kontra meliputi: Lupa meminum pil Anda berarti itu tidak akan seefektif; itu hanya bisa digunakan oleh wanita; tidak cocok untuk wanita yang tidak dapat menggunakan kontrasepsi yang mengandung estrogen; itu tidak melindungi terhadap IMS.

Pil ini hanya tersedia dengan mendapatkan resep dari seorang profesional medis sehingga kunjungi dokter setempat atau klinik kesehatan intim Anda.

Baca Juga:  Polres Cianjur Amankan Tersangka Kasus Narkoba, Satu Diantaranya Siswi SMK

Perangkat Intrauterine (IUD)– Perangkat kecil berbentuk T ini terbuat dari bahan yang mengandung hormon progesteron atau plastik dan tembaga dan dipasang di dalam rahim wanita oleh penyedia layanan kesehatan terlatih. Ini adalah metode kontrasepsi yang bekerja lama dan dapat dibalik, yang dapat bertahan selama tiga hingga 10 tahun, tergantung pada jenisnya.

Beberapa IUD mengandung hormon yang secara bertahap dilepaskan untuk mencegah kehamilan. IUD juga dapat menjadi kontrasepsi darurat yang efektif jika dipasang oleh profesional kesehatan dalam waktu lima hari (120 jam) untuk berhubungan seks tanpa kondom.

IUD yang mengandung tembaga adalah 99% efektif dan yang mengandung hormon adalah 99,8% efektif, sehingga Anda akan terlindungi sebanyak mungkin dengan metode kontrasepsi.

Risiko penggunaannya meliputi: Pendarahan tidak teratur dan bercak terjadi dalam enam bulan pertama penggunaan; membutuhkan penyedia layanan kesehatan terlatih untuk pemasangan dan pemindahan; tidak melindungi terhadap IMS.

Suntikan Kontrasepsi– Suntikan mengandung versi sintetis dari hormon progestogen. Itu diberikan ke pantat wanita atau lengan atas, dan selama 12 minggu ke depan hormon ini perlahan-lahan dilepaskan ke aliran darah Anda.

Pro: Suntikan ini berlangsung hingga tiga bulan; sangat efektif; memungkinkan spontanitas seks dan tidak mengganggu seks.

Kontranya: Suntikan dapat menyebabkan periode yang terganggu atau pendarahan tidak teratur; itu membutuhkan pencatatan jumlah bulan yang digunakan; itu tidak melindungi terhadap IMS.

Implan Kontrasepsi– Dalam metode ini, batang kecil dan lentur ditempatkan di bawah kulit di lengan atas wanita, melepaskan bentuk hormon progesteron. Hormon menghentikan ovarium melepaskan sel telur dan mengentalkan lendir serviks sehingga menyulitkan sperma untuk memasuki rahim.

Baca Juga:  Jadwal Pencairan Gaji Ke-13, Dua Kriteria PNS Ini Tidak Dapat

Implan membutuhkan prosedur kecil menggunakan anestesi lokal untuk memasang dan melepas batang dan perlu diganti setelah tiga tahun.

Kelebihan implan meliputi: Sangat efektif; tidak mengganggu seks; adalah opsi kontrasepsi yang tahan lama dan dapat dibalik.

Kontra meliputi: Memerlukan penyedia layanan kesehatan terlatih untuk pemasangan dan pemindahan; terkadang ada pendarahan tidak teratur pada awalnya; tidak melindungi terhadap IMS.

Pil Kontrasepsi Darurat– Pil kontrasepsi darurat dapat digunakan untuk mencegah kehamilan setelah berhubungan seks jika kontrasepsi tidak digunakan, kondom telah rusak saat berhubungan seks, atau wanita telah diserang secara seks.

Meskipun kadang-kadang disebut pil morning after, itu sebenarnya bisa efektif hingga lima hari setelah berhubungan seks tanpa kondom. Semakin cepat diambil, semakin efektif itu; ketika diminum dalam tiga hari pertama setelah berhubungan seks, itu mencegah sekitar 85% dari kehamilan yang diharapkan.

Pil ini mengandung dosis khusus hormon wanita. Wanita mana pun dapat minum pil kontrasepsi darurat, bahkan mereka yang tidak dapat minum pil kontrasepsi oral lainnya. Itu dapat dibeli di apotek atau apotek tanpa resep.

Efek samping yang umum dari kontrasepsi darurat termasuk mual, muntah dan periode berikutnya mungkin lebih awal atau tertunda. Kontrasepsi darurat tidak melindungi terhadap IMS. (Red)