Operasi Patuh Lodaya, Polda Jabar Sasar Pengendara Tak Bermasker

JABARNEWS | BANDUNG – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat melaksanakan Operasi Patuh Lodaya 2020 dengan menyasar pengguna jalan yang tidak bermasker di perempatan Soekarno Hatta-Ibrahim Adjie, Kota Bandung, Sabtu (25/7/2020).

Kepala Bagian Operasi (KBO) Ditlantas Polda Jawa Barat, AKBP Agung Reza mengatakan pihaknya turun menyambangi pengguna jalan yang tak bermasker itu untuk membagikan masker. Pembagian masker itu, kata dia, ditujukan kepada pengguna jalan khususnya pengendara roda dua.

Baca Juga:  Wisata Gunung Sunda Sukabumi Cocok Untuk Tempat Rekreasi Keluarga

“Hari ini kita bagikan kurang lebih 1.000 masker dari total sebanyak 250 ribu masker. Ini untuk mendisiplinkan masyarakat dalam adaptasi kebiasaan baru,” kata Agung di lokasi.

Menurutnya dalam Operasi Patuh Lodaya tahun 2020 ini, pihaknya lebih mengedepankan upaya persuasif dan pencegahan ketimbang penegakan hukum.

Baca Juga:  Duh, Pilkades Serentak di Purwakarta Terancam Molor

Pembagian masker itu dilakukan di perempatan jalan tersebut setiap kendaraan berhenti di lampu merah. Kemudian para petugas Ditlantas menyambangi pengendara roda dua, juga ke masyarakat yang bersepeda.

Selain itu, petugas menyambangi supir kendaraan roda empat yang tidak menggunakan masker. Pada saat pembagian, polisi juga memberikan sosialisasi tentang bahayanya COVID-19.

Baca Juga:  Bank bjb dan Bank Mantap Kerja Sama Penyaluran Kredit Senilai Rp 500 M

Kemudian petugas juga menyambangi masyarakat yang ada di angkutan transportasi umum yang tak menggunakan masker.

“Jadi kita ingin mendisiplinkan masyarakat sebetulnya, selain Kamseltibcar lantas (keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas), kedua adalah pendisiplinan masyarakat dalam hal adaptasi kebiasaan baru,” kata Agung. (Ara)