aqua

Di Tempat Ini, Beruk Jenis Kera Ekor Pendek Disekolahkan

Pelatihan untuk beruk itu juga menarik perhatian wisatawan.

Pelatih di Sekolah Tinggi Ilmu Beruk yang terletak di Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumbar sedang melatih beruk atau kera ekor pendek. (Foto: Antarasumbar)

JABARNEWS | PARIAMAN - Beruk, jenis kera ekor pendek dan kecil memiliki tugas khusus di Pariaman, Sumatera Barat. Demi tugas khusus itu, beruk pun disekolahkan di tempat bernama Sekolah Tinggi Ilmu Beruk atau STIB.

Badan Usaha Milik Desa Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumatera Barat, yang mengelola Sekolah Tinggi Ilmu Beruk tersebut. Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar mengapresiasi keberadaan sekolah khusus beruk itu.

Baca Juga:

Gus Menteri: UU Cipta Kerja Untungkan Masyarakat Desa

Ade Yasin Harapkan BUMD Bangkit Jadi Penopang Pembangunan Daerah



"Itu termasuk inovasi yang luar biasa," kata Abdul Halim Iskandar saat berkunjung ke Kota Pariaman, Jumat (24/7/2020).

Tugas utama para beruk adalah memanjat pohon kelapa dan memetik buah kelapa sesuai kebutuhan. Menurut Abdul Halim Iskandar, ini adalah tugas yang tidak mudah untuk orang zaman sekarang.

"Perlu keahlian khusus dalam memanjat dan memilih buah kelapa. Beruk bisa membedakan mana kelapa yang harus diambil dan mana yang tidak. Saya tahu betul di desa saya juga ada pohon kelapa," katanya.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Tugas Khusus Beruk Keras Ekor Pendek Beruk Disekolah Sekolah Tinggi Ilmu Beruk STIB Badan Usaha Milik Desa Desa Apar Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman Abdul Halim Iskandar Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Ini yang Dilakukan Kemendes PDTT untuk Transformasi Ekonomi Desa

Duh.. BUMDes di Karawang Mati Suri, Salah Siapa?

CEO: Keberadaan BUMDes Harus Tonjolkan Kemandirian

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi