Hari Ini, Mengenang Lahirnya Penyair Chairil Anwar Tepat Pada 26 Juli

JABARNEWS | BANDUNG – Bertepatan pada hari ini, 26 Juli 2020 merupakan peringatan kelahiran Chairil Anwar yang ke-88. Penyair berjuluk Si Binatang Jalang itu lahir di Medan, 26 Juli 1922.

Diketahui, Chairil Anwar bersama Asrul Sani dan Rivai Apin, pada waktu itu dinobatkan oleh H.B. Jassin sebagai pelopor Angkatan ’45 sekaligus puisi modern Indonesia.

Baca Juga:  Kualat Dengan Istri, Seorang Suami Ditemukan Tewas Kondisi Bugil di Salon

Penyair terkemuka Indonesia berdarah Minangkabau itu, meninggal di Jakarta, 28 April 1949 pada umur 26 tahun. Dalam masa hidupnya Chairil dibesarkan di Medan, sebelum pindah ke Jakarta dengan ibunya pada tahun 1940, di mana ia mulai menggeluti dunia sastra.

Baca Juga:  Begini Cara Penularan Hepatitis Akut, Menkes: Masyarakat Harus Rajin Cuci Tangan

Setelah pemuatan puisinya yang berjudul Nisan pada tahun 1942, Chairil terus menulis. , Chairil telah menulis sekitar 94 karya, termasuk 70 puisi yang kebanyakan tidak dipublikasikan hingga kematiannya.

Karya-karya Chairil telah diterbitkan dan beberapa, di antaranya telah diterjemahkan ke dalam bahasa asing. Banyak karya tentang Chairil yang kemudian bermunculan bahkan jauh setelah kematiannya.

Baca Juga:  Pemerintah Percepat Putuskan Biaya Haji

Hal tersebut menjadi bukti pengaruh sosok Chairil di dunia sastra, seni hingga sosial. Beberapa puisi Chairil pun masih banyak dibaca hingga sekarang. (Red)