RUU PDP, Ini Tips Menjaga Data Pribadi Di Medsos Menurut Kominfo

RUU PDP Pasal 28 G (1) Setiap orang berhak atas perlindungan diri pribadi, keluarga, kehormatan, martabat dan harga benda yang dibawah kekuasaannya.

Ilustrasi Perlindungan data pribadi, (Foto: net)

JABARNEWS | BANDUNG - Pesatnya pertumbuhan digital yang semakin canggih tentu memiliki banyak resiko tak terkecuali di Indonesia. Salah satunya adalah pencurian data pribadi yang tersimpah di media sosial (Medsos). Secara arti data pribadi adalah data setiap seseorang baik yang teridentifikasi dan atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik dan atau non elektronik.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Prof. Dr. Widodo Muktiyom mengatakan kita akan terjebak dalam perangkat digital dan tanpa kita sadari kita sudah menyerahkan data pribadi kita sendiri bahkan ada kemungkinan terjadi penyalahgunaan data oleh orang yang bertanggung jawab.

Baca Juga:

Kisah Inspiratif Dari Sang Difabel Bertalenta

Kantor Dinas Kominfo Majalengka Kebanjiran, Tembok Pagar Jebol



"Kalau kita sudah banyak menggunakan gadget, go virtual, banyak follow, mengizinkan akses data, kita bisa terjebak dalam perangkat digital dan menyerahkan data pribadi kita tanpa sadar. Kalau informasi data yang kita miliki dimiliki orang lain, bisa saja disalahgunakan," katanya.

Widodo mengungkapkan data pribadi merupakan suatu harga diri (dignity) yang melekat pada tiap individu untuk dijaga dan tidak memperbolehkan orang lain memiliki tanpa seizin pemiliknya.

"RUU Perlindungan Data Pribadi (PDP) sangat urgen agar ada regulasi yang melindungi data pribadi kita, makanya kita targetkan selesai tahun ini. Data pribadi merupakan harga diri kita sebagai warga, yang melekat dan harus dijaga. Kalau ada yang meminta data pribadi, itu harus seizin kita sebagai pemilik data," katanya, dalam temu daring berjudul RUU PDP Sebagai Perlindungan Pribadi di Dunia Digital Senin (27/7/2020).
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : RUU PDP Medsos Kominfo Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Jabar Terkini

berita terkait

Kominfo Minta IG, Tutup Akun Komik Muslim Gay

Seorang Pria Di Sumedang Di Bacok Saat Sholat Isya

Akhir Kisah Sang Residivis

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi