Pesan Penting Ketua MPR untuk Pemerintah Daerah

Lonjakan kasus positif terjadi akibat kelalaian warga melaksanakan protokol kesehatan selama fase pelonggaran.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (Foto: MPR RI)

JABARNEWS | JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan pemerintah daerah untuk hati-hati dalam melonggarkan ketentuan pembatasan sosial atau menerapkan pola hidup baru terkait pandemi Covid-19. Jika masih banyak pelanggaran protokol kesehatan, ia menyarankan penerapan adaptasi kebiasaan baru itu tak dipaksakan.

"Kalau pelanggaran protokol kesehatan masih marak sebagaimana terlihat pada sejumlah kota di pulau Jawa, itu berarti pemerintah daerah masih gagal. Karena sebagian masyarakatnya belum berkesadaran penuh akan pentingnya mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan," kata Bambang Soesatyo dalam keterangannya di Jakarta, Senin (27/7/2020).

Baca Juga:

Ketum PKB Incar Posisi Ketua MPR

Ingin Jadi Ketua MPR, Cak Imin Minta Dukungan Ma'ruf Amin



Dari informasi yang diterima olehnya, maraknya pelanggaran protokol kesehatan masih terlihat di Jakarta dan sejumlah kota di Jawa Timur. Jumlah kasus baru di dua wilayah tersebut pun menunjukkan peningkatan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, kata Bambang, mengakui bahwa penyebab lonjakan kasus Covid-19 di wilayah tersebut adalah ketidakpatuhan sebagian masyarakat pada protokol kesehatan. Di Jakarta pun pemerintah DKI Jakarta sudah mencatat 27 ribu lebih kasus pelanggaran warga yang tidak menggunakan masker.

"Kondisi itu menjadi penanda bahwa Jakarta, Jawa Timur dan beberapa kota lainnya memang belum siap menerapkan pola hidup baru. Karena itu jangan dipaksakan karena risikonya cukup besar," kata Bambang.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Pesan Penting Ketua MPR Lonjakan Kasus Positif Covid-19 Bambang Soesatyo Protokol Kesehatan Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Antara Ketua MPR dan Menteri, Ini yang Lebih Memikat Hati Cak Imin

Harlah PKB Ke-21, Cak Imin Optimis

KIK Belum Adakan Rapat Terkait Kursi Ketua MPR

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi