Soal Pelaksaan Idul Adha di Indramayu, Begini Pesan MUI

JABARNEWS | INDRAMYU – Masyarakat di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, yang akan melaksanakan Shalat Idul Adha 1441 Hijriah dan penyembelihan hewan kurban diminta untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Larangan pelaksanaan Shalat Id juga tidak ada, tapi kita wajib menjalankan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat,” kata Ketua Umum MUI Kabupaten Indramayu Satori di Indramayu, Senin (27/07/2020).

Baca Juga:  Warganet Geger Penemuan Kapal Karam di Sukabumi yang Terekam Google Maps

Ia menjelaskan MUI setempat memang tidak memiliki wewenang untuk memberikan fatwa terkait dengan hal itu, karena semua berada di pusat.

Oleh karena itu, katanya, dengan melihat fatwa yang ada, tidak ada larangan untuk menjalankan Shalat Idul Adha bagi umat Islam, akan tetapi semua harus mengikuti arahan pemerintah terkait dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19.

“Dengan cara jaga jarak, menggunakan masker, membawa sajadah sendiri, dan juga cuci tangan,” ujarnya.

Baca Juga:  DPRD Jabar Minta Pemprov Kaji Perluasan Wilayah Penghasil Teh

MUI Indramayu juga mengimbau masyarakat untuk tidak berkumpul dalam jumlah yang relatif banyak ketika melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

Ia mengatakan penyembelihan hewan kurban juga bisa dilakukan selama tiga hari, sehingga tidak perlu langsung pada hari H, agar bisa menjaga jaga jarak.

“Pembagian juga harus ke rumah langsung, agar tidak ada kerumunan warga,” katanya.

Baca Juga:  Tujuh Wilayah di Jabar Mulai Dilanda Kemarau, Ini Kata BPBD

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon Mujayin mengatakan pihaknya sudah menyampaikan surat edaran terkait dengan pelaksanaan ibadah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kita sudah mengedarkan surat edaran, untuk tata cara pelaksanaan ibadah di masa pandemi, begitu juga untuk Shalat Idul Adha, harus menerapkan protokol kesehatan COVID-19,” katanya. (Red)