Dorong UMKM Kota Depok, Mohammad Idris Sediakan Tempat di Mal

JABARNEWS | DEPOK – Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan saat ini pihak telah menyiapkan strategi guna mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar kembali bangkit usai pandemi Covid-19.

“Menyediakan dua persen dari total luas mal atau pasar besar untuk ditempati oleh UMKM,” ujar Mohammad Idris saat pengukuhan pengurus UMKM Jatijajar, Depok, Senin (27/07/2020).

Baca Juga:  Terbukti Lakukan Suap, Walikota Tasikmalaya Nonaktif Budi Budiman Dituntut Dua Tahun Penjara

Muhammad Idris mengatakan peraturan penyediaan tempat yang dua persen tersebut, kata dia sudah ada. Namun, teknisnya belum diatur secara rinci.

“Teknisnya belum diatur secara rinci. Kedepan kita akan merapikan kembali,” katanya.

Idris menjelaskan sebelum pandemi, pihaknya juga sudah menyiapkan Gerai Pamer Produk UMKM di Alun-alun Kota Depok. Dikatakannya lokasi tersebut dapat menampung hingga 1.000 UMKM.

Baca Juga:  Pendamping PKH Purwakarta Tuntaskan Distribusi BSB Untuk KPM

“Gerai Pamer disediakan bagi pegiat UMKM untuk mengenalkan produknya, tetapi bukan untuk berjualan. Untuk pembelian produk, konsumen dapat menghubungi kontak masing-masing UMKM,” jelasnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga sedang menyiapkan lokasi lainnya yaitu Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Universitas Indonesia (UI) di kawasan Margonda. Sambungnya JPO tersebut memiliki lebar yang cukup luas, sehingga bagian tengahnya dapat dimanfaatkan untuk UMKM tanpa menghilangkan kegunaan JPO sebagai sarana untuk menyeberang bagi pejalan kaki.

Baca Juga:  Erwin Ramdani Tak Kendorkan Semangat Saat Pandemi Corona

“Jadi untuk membeli produk saja namun tidak boleh nongkrong atau duduk-duduk di sana. Ke depan, kami selaku fasilitator akan terus membantu peningkatan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh teman-teman UMKM,” demikian Idris. (Red)