Tingkatkan Produktivitas, Pemerintah Pangkas Izin Budidaya Udang

Udang menjadi salah satu komoditas utama dan sebagai andalan penghasil devisa negara. Budidaya udang juga dapat meningkatkan kesejahteraan dan menciptakan kesempatan lapangan kerja yang lebih luas.

Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko saat memimpin rapat koordinasi tingdak lanjut perizinan budidaya tambak udang di Gedung Bina Graha, Senin (27/7/2020). (Foto: KSP/Randhy Putra)

JABARNEWS | JAKARTA - Pemerintah berencana menyederhanakan izin usaha budidaya udang nasional. Tujuannya untuk meningkatkan produkstivitas dan pengembangan budidaya udang. Awalnya terdapat 21 izin usaha yang harus dipenuhi untuk berusaha budidaya udang. Namun kini pemerintah akan menyederhanakan menjadi hanya tiga izin usaha saja.

“Pemerintah berkomitmen proses perizinan ini tidak akan dipersulit dan dilakukan dengan cepat,” papar Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko, saat memimpin rapat koordinasi tindak lanjut penataan perizinan berusaha budidaya udang di Gedung Bina Graha, Jakarta, Senin (27/7/2020).

Baca Juga:

Presiden Joko Widodo: Pembangunan Waduk Kuningan Secepatnya Diselesaikan

Profil Moeldoko, Mantan KSAD yang kembali Jabat Kepala Staf Kepresidenan RI 



Sebagaimana diketahui udang menjadi salah satu komoditas utama dan sebagai andalan penghasil devisa negara. Budidaya udang juga dapat meningkatkan kesejahteraan dan menciptakan kesempatan lapangan kerja yang lebih luas. Karena itu, usaha budidaya udang perlu terus ditingkatkan.

Menindaklanjuti hal tersebut maka Kantor Staf Presiden bersama dengan berbagai kementerian dan lembaga berupaya menata izin usaha budidaya udang. Selain meringkas jumlah perizinan, Moeldoko juga menyampaikan pentingnya kemudahan pelaku usaha budidaya udang untuk mendapatkan skema kredit atau pinjaman. Pemerintah menyiapkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebanyak 150 miliar, namun pelaku usaha tambak udang merasa kesulitan mendapatkannya.

”Perlu upaya sosialisasi dan pendampingan. Perlu dicontoh penyaluran kredit bagi para petani di Lombok Timur. Pemerintah melalui Kementerian Pertanian, perbankan, Jasindo, bekerja sama dalam penyaluran pinjaman. Jadi perlu upaya kooperatif karena pasar udang sangat bagus,” jelas Moeldoko.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Tambak Udang Budidaya Udang Izin Budidaya Udang Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko Kantor Staf Presiden Kredit Usaha Rakyat Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

KSP Salurkan Jutaan Masker dan APD Cegah Penyebaran Corona

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi