BMKG Laporkan Gempa Bumi 4,1 Magnitudo Guncang Sukabumi

JABARNEWS | SUKABUMI – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan gempa bumi tektonik berkekuatan 4,1 skala richer (SR) terjadi di Sukabumi, Jawa Barat Selasa (28/07/2020), pagi.

BMKG menyebut gempa bumi yang menggetarkan Kota Sukabumi dan sekitarnya itu terjadi pada pukul 09.00 WIB. Gempa di kedalaman laut 19 Km.

Baca Juga:  Pendaftaran Petugas Haji 2024 Resmi Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Gempabumi ini, menrut BMKG dalam akun resminya, terletak pada koordinat 7.89 LS dan 107 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 108 km Tenggara Kota Sukabumi pada kedalaman 19 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal.

Baca Juga:  Anggota Bawaslu Positif Covid-19, Nasib Tahapan Pilkada Pangandaran Gimana?

Gempa terjadi akibat penyesaran dalam lempeng (intraplate) Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam ke bawah Lempeng Eurasia.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Tegalbuleud dengan Skala Intensitas III MMI.

Baca Juga:  Google Bermurah Hati Buka Layanan Gratis Video Conference Meet

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Hingga pukul 09:48 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Red)