Polres Purwakarta Ingatkan Peternak dan Pedagang Hewan Qurban Soal Ini

JABARNEWS | PURWAKARTA – Menjelang Hari raya Iduladha 2020, jajaran Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta lebih mengintensifkan pengawasan hewan kurban. Langkah tersebut untuk mengantisipasi terjadinya pencurian ternak yang dijajakan pedagang hewan kurban maupun ternak milik masyarakat.

Kapolres Purwakarta AKBP Indra Setiawan melalui Kasat Binmas, AKP Ma’mun Murod mengatakan, pihaknya terus menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap hewan ternak yang dipelihara agar terhindar dari aksi pencurian

“Jajaran Polres Purwakarta terus meningkatkan patroli, sekaligus juga berdialog dengan pedagang hewan kurban. Datangi lapak-lapak penjual hewan kurban. Menjelang Iduladha memang rawan terjadi pencurian hewan kurban, untuk itu perlu dilakukan tindakan antisipasi,” ungkap Pria yang akrab disapa Murod, Selasa (28/7/2020).

Baca Juga:  Berawal Aplikasi Kencan Online, Asisten Dokter Dicekoki Miras Dan Diperkosa

Ia menambahkan, semua masyarakat harus terus waspadai aksi pencuruan hewan ternak menjelang perayaan Iduladha dengan meningkatkan ketertiban dan keamanan lingkungan.

“Mulai sekarang kegiatan ronda malam harus ditingkatkan, untuk mencegah aksi pencurian hewan qurban menjelang Idul Adha,” katanya.

Baca Juga:  Keluarga Sambut Hangat Kepulangan Habib Rizieq Shihab di Petamburan Jakpus

Selain itu, sambung dia, guna menekan aksi pencurian hewan kurban yang marak terjadi di daerah lain, pihaknya mengerahkan seluruh anggota Bhabinkamtibmas terus memantau dan berikan penyuluhan kepada penjual hewan qurban ataupun masayarakat yang mempunyai hewan ternak. Sehingga keamanan dan ketertiban lingkungan akan tercipta menjelang perayaan hari raya kurban itu.

“Kami juga mengerahkan seluruh anggota untuk siap berpatroli secara rutin kepada masyarakat maupun kepada penjual hewan hewan ternak yang sering dijajalkan di kabupaten Purwakarta,” papar Murod.

Baca Juga:  Densus 88 Ringkus Pimpinan Jamaah Islamiyah dan Kaki Tangannya

Untuk para pedagang, Dirinya berpesan, selalu berhati-hati dalam menerima tamu yang hendak beli hewan Qorban, tetap mewaspadai ketika ada yang mencurigakan.

“Jadi jangan sampai terjadi penipuan dan perampasan oleh para pelaku kejahatan dengan modus berpura pura membeli hewan korban, serta para pedagang atau penjual hewan qurban harus teliti memeriksa uang yang diterima karna khawatir peredaran uang palsu menjelang lebaran haji tahun ini,” pungkasnya. (Gin)