Kemenpan-RB: 1,6 Juta PNS Bakal Ditugaskan di Desa

Saat ini jumlah ASN sudah hampir mencapai 4,3 juta orang.

Menpan-RB, Tjahjo Kumolo. (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Kemenpan-RB) akan mengalokasikan 1,6 juta Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berprofesi sebagai tenaga administratif untuk disiapkan menjadi tenaga pengajar hingga penyuluh di pedesaan. Kebijakan ini dilakukan dalam rangka melakukan reformasi birokasi yang tengah digencarkan pemerintah.

Menpan-RB Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa saat ini jumlah ASN sudah hampir mencapai 4,3 juta orang. Akan tetapi, 1,6 juta di antaranya itu merupakan tenaga administratif baik di Kementerian Lembaga maupun pemerintahan daerah.

Baca Juga:

Mendagri Minta Masyarakat Gunakan Hak Pilih

Partisipasi Tinggi dalam Pemilu 2019, Mendagri: Indonesia Jadi Negara Teladan



Dalam rangka melakukan penyederhanaan birokrasi, katanya, pemerintah berencana akan mengalihkan 1,6 juta ASN berprofesi Tenaga Administratif tadi untuk mengisi pos-pos yang sangat membutuhkan SDM banyak. Disamping itu, kata dia, proses rekrutmen CPNS untuk profesi ini juga akan dilakukan pembatasan.

"Memang yang 1,6 juta ini ke depan akan kita alokasikan untuk 700 ribu tenaga pengajar yang sekarang sudah dipersiapkan oleh Kemenpan-RB, Kemendikbud, Kemenkeu, serta Kemendagri," kata Tjahjo dalam Webinar Nasional bertajuk 'Urgensi Pembubaran 18 Lembaga Negara', Selasa (28/7/2020).

Tak hanya tenaga pengajar, pemerintah juga berencana akan mengalihkan ASN tersebut ke pos tenaga kesehatan. Berdasarkan catatannya, pos ini masih membutukan kurang lebih 260 ribu sumber daya manusia (SDM).
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Kemenpan-RB Menpan RB Tjahjo Kumolo Tugas PNS Penugasan PNS Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Waspada! PNS Bolos Setelah Libur Lebaran Akan Disanksi

"Si Perut Lapr" Masuk Nominasi Top 99 Inovasi Pelayanan Publik

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi