Kepala Desa Jadi Pengurus Parpol, Ini Kata Ketua Apdesi Jabar

Berdasarkan Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Ketua DPD Apdesi Provinsi Jawa Barat Dede Kusdinar (Foto: net)

JABARNEWS | CIAMIS - Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Jawa Barat mengimbau kepada seluruh Kepala Desa untuk tidak menjadi pengurus Partai.

Katua DPD Apdesi Provinsi Jawa Barat Dede Kusdinar mengatakan, apabila ada kades yang ketahuan terlibat aktip atau jadi pengurus partai dapat dipecat. Ia mendasarkan pernyataan tersebut kepada Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Baca Juga:

Kisah Inspiratif Dari Sang Difabel Bertalenta

Ada Satu Nama Untuk Wabup, Tapi Ade Serahkan Ke Parpol



"Sesuai dengan ketentuan Pasal 29 huruf (g) Undang-Undang tentang Desa, Kades dilarang jadi pengurus Parpol," tegas Dede pada Kamis (29/7/2020) di Kabupaten Ciamis.

Ia juga meminta kepada Bupati Ciamis ketika sedang melakukan pertemuan dengannya, untuk bertindak tegas jika ada kepala desa yang terbukti menjadi pengurus parpol. Tetapi kata Dede, kepala desa diperbolehkan untuk menjadi pengurus Ormas atau LSM.

"Jadi Bupati bisa mencabut SK kades bila yang bersangkutan terbukti jadi pengurus Parpol. Itu ketentuan Undang-Undang, Yang dilarang Undang-Undang itu apabila menjadi pengurus Parpol. Kalau jadi pengurus LSM atau Ormas tidak apa-apa," ujarnya. (Red)
Tags : Apdesi Jabar Kepala Desa Parpol Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Jabar Terkini

berita terkait

Seorang Pria Di Sumedang Di Bacok Saat Sholat Isya

Sembilan Parpol Terancam Gagal Masuk Parlemen

BPD Salem Purwakarta Diminta Menjadi Corong Aspirasi Warga Desa

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi