Video Seragam Tentara Cina di Kelapa Gading adalah Hoaks

Penyebar video hoaks seragam tentara Cina di Kelapa Gading itu ditangkap dengan dugaan menyebarluaskan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian maupun permusuhan individu dan atau kelompok masyarakat.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes polisi Budhi Herdi memberikan keterangan pers di Mapolres, Jakarta Utara, Rabu (29/7/2020). (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Polres Jakarta Utara menangkap pemuda bernama Ace (35), karena terbukti menyebarkan video hoaks tentang seragam tentara Cina di tempat laundry di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kabar bohong yang viral itu membuat masyarakat resah.

"Video itu viral pada tanggal 23 Juli 2020 dan sempat kemana-mana sehingga kemudian berita itu sampai kepada tim kami," ujar Kapolres Jakarta Utara Komisaris Besar Budhi Herdi Susianto dalam keterangan, Rabu (29/7/2020).

Baca Juga:

Rifqi: Hoaks Pemilu Dapat Menurunkan Kepercayaan dan Partisipasi Publik

Jelang Pemilu Produksi Isu Hoaks Makin Meningkat



Usai hoaks itu viral, Budhi segera memerintahkan anak buahnya untuk mencari kebenaran informasi tersebut. Dengan dibantu Kodim setempat, polisi memeriksa 42 tempat laundry yang tersebar di seluruh wilayah Kelapa Gading.

"Dari hasil penyelidikan kami ke tempat laundry yang ada di Kelapa Gading, tidak ada satupun laundry yang ada tempat ataupun ada baju sebagaimana yang viral di media sosial tersebut," kata Budhi.

Selain menyisir puluhan tempat laundry, polisi juga bekerja sama dengan ahli bahasa untuk mengetahui konten tulisan di dalam video viral itu. Para ahli bahasa kemudian menyatakan bahwa tulisan pada seragam militer yang ada di dalam video adalah bahasa Korea Selatan.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Video Viral Video Hoaks Berita Hoaks Seragam Tentara Cina Kelapa Gading Jakarta Polres Jakarta Utara Budhi Herdi Susianto Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Nama Situs Berita Liputan6.com Dicatut untuk Menyebarkan Hoaks

Waduuh! Hoaks Mencatut Nama Bupati Subang

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi