Mitos dan Fakta Seputar Olahraga Selama Masa Pandemi Covid-19

Rumor tersebut cukup membuat bingung masyarakat saat ini.

dr Michael Triangto, SpKO, spesialis kedokteran olahraga yang juga Direktur Slim & Health Sports Center Jakarta. (Foto: JabarNews)

JABARNEWS | BANDUNG - Ada banyak pernyataan yang beredar di masyarakat mengenai olahraga selama masa pandemi Covid-19 ini. Sebagian masyarakat meyakininya, sebagian juga menyangsikannya.

Berikut adalah penjelasan dari dr Michael Triangto, SpKO, spesialis kedokteran olahraga yang juga Direktur Slim & Health Sports Center Jakarta seputar rumor yang beredar tersebut.

Baca Juga:

SOR Si Jalak Harupat Bakal Jadi Pemusatan Pembinaan Prestasi

Molor, Peluncuran Bus Sakoci Di Kota Cimahi



1. Olahraga di saat pandemi Covid-19 aman jika dilakukan di dalam rumah - Untuk mencegah penularan Covid-19, pemerintah menganjurkan agar sebaiknya berada di dalam rumah dan hal yang sama juga pada saat berolahraga. American College of Sports Medicine (ACSM) merekomendasikan agar menhindari tempat umum dan jaga jarak yang sejalan dengan anjuran dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) untuk tetap beraktivitas fisik di rumah agar kita dapat menekan resiko penularan serendah mungkin. Dengan demikian pernyataan diatas adalah: Fakta

2. Berolahraga dengan menggunakan masker akan mengganggu kesehatan - Sebagaimana diketahui tubuh dapat terinfeksi Covid-19 melalui cara inhalasi sehingga Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan penggunaan masker akan bertindak sebagai barrier antara udara luar dan hidung maupun mulut yang akan menyaring udara sampai dengan 90% dan sama sekali tidak menghentikan aliran udara pernafasan.

Dengan demikian penggunaan masker tidak akan mengganggu pernafasan termasuk juga saat berolahraga dengan intensitas ringan sampai dengan sedang karena disaat itu tubuh tidak membutuhkan udara pernafasan dalam jumlah banyak. Kalaupun ada rasa tidak nyaman tentunya dapat teratasi setelah penggunaan secara teratur tubuh akan terbiasa dalam menggunakannya.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Mitos Covid-19 Fakta Covid-19 Olahraga Pandemi Covid-19 Michael Triangto Slim & Health Sports Center Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Ini Dia Manfaat Olahraga Dalam Cuaca Dingin

HPN 2019, Sejumlah Tokoh Olahraga Jabar Dapat Penghargaan

Jabat Ketua Perbakin Subang, Ini Janji Agus Masykur

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi