Sudah Ada Sinovach, Perkembangan Vaksin Merah Putih Gimana Kabarnya?

Penemuan vaksin Covid-19 bukanlah sebuah kompetisi.

Ilustrasi, Vaksin Covid-19. (foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Perkembangan vaksin Covid-19 merah putih buatan dalam negeri rencananya bakal tuntas ditargetkan tuntas 2021 mendatang. Vaksin tersebu bakal diujicobakan pada hewan akhir tahun ini.

"Targetnya, sampai akhir tahun ini bisa menyelesaikan uji di hewan. Awalnya harus uji lab di (tingkat) sel, kemudian hewan," ungkap Bambang Brodjonegoro Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN), saat menyambangi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Kota Bandung. Rabu (29/7/2020).

Baca Juga:

Jokowi: Jangan Mau Kalah! Indonesia Harus Mampu Ciptakan Vaksin Covid-19

Uji Klinis Vaksin Relawan Tidak Dibayar, Begini Kata Mang Oded



Soal sudah adanya vaksin Covid-19 asal Tiongkok, Sinovach yang akan diujicobakan di Indonesia, Bambang menekankan bahwa penemuan vaksin Covid-19 bukanlah sebuah kompetisi. Terlebih, kata Bambang, Indonesia membutuhkan vaksin Covid-19 dalam jumlah yang besar.

Bambang mengatakan bibit vaksin yang dikembangkan oleh Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman ini menggunakan platform protein rekombinan S dan N.

"Setelah diujicobakan pada hewan, akan diserahkan kepada Biofarma sebagai vaksin preklinis dan klinis. Bila sudah diproduksi, akan diujikan terbatas pada relawan," tambah Bambang.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Vaksin Sinovach Vaksin China Vaksin Indonesia Vaksin Covid-19 Virus Corna Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Soal Uji Vaksin Sinovach di Bandung, Oded: Kami Sangat Dukung

Ridwan Kamil dan Forkopimda Jabar Siap Jadi Relawan Vaksin COVID-19

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi