Unik! Polisi Di Majalengka Bagikan Masker Pakai Kostum Wayang

JABARNEWS | MAJALENGKA – Polres Majalengka, Jawa Barat, melakukan sosialisasi agar warga disiplin mematuhi Kita juga pilih sosialisasi di pasar, karena pasar merupakan tempat aktivitas masyarakat banyak.

Uniknya dalam sosialisi yang dilakukan dalam rangka Operasi Patuh Lodaya 2020 itu, seorang petugas kepolisan mengenakan kostum dengan menampilkan kearifan lokal budaya Jawa Barat.

Anggota Polres Majalengka, terlihat menggunakan kostum tokoh wayang dengan menggunakan kostum pandawa lima, saat membagikan masker gratis dan juga sosialisasi kepaa masyarakat.

Baca Juga:  Heboh, Pasien ODGJ Ini Kabur Bawa Ambulance Dari Sumedang Ke Tasikmalaya

“Kita membagikan masker kepada warga dengan menggunakan kostum pandawa lima, ini merupakan kearifan lokal budaya Jawa Barat,” kata Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh Prakoso di Majalengka, Kamis.

Lewat aksi tersebut, dia berharap dapat menggugah kesadaran masyarakat terutama yang beraktivitas di luar rumah, agar selalu mengenakan masker, menjaga jarak serta rajin cuci tangan pakai sabun maupun mematuhi imbauan pemerintah.

Baca Juga:  Soal Video Viral Pemakaman Jenazah Covid-19, Kuwu Astana Kecewa Dengan Ini

“Kita juga pilih sosialisasi di pasar, karena pasar merupakan tempat aktivitas masyarakat banyak. Jadi dengan adanya sosialisasi menggunakan tokoh wayang bisa menggugah kesadaran masyarakat,” ujarnya.

Bismo menambahkan, selain melakukan sosialisasi tentang penerapan protokol kesehatan di area pasar, pihaknya juga sekaligus memberikan edukasi mengenai tertib lalu lintas.

“Operasi Patuh Lodaya 2020 kali ini, memiliki tiga tujuan utama, yaitu meningkatkan kesadaran warga dalam mematuhi semua tata tertib berlalu lintas. Kedua, menekan angka kecelakaan lalu-lintas. Terakhir, mengurangi penyebaran COVID-19,” katanya.

Baca Juga:  Soroti Pembangunan Ekonomi, Kiai Ma'ruf: Kalau Umatnya Kuat Maka Bangsa Akan Kuat

Sosialisasi tersebut, dilakukan di area Pasar Cigasong, Kabupaten Majalengka, pada Kamis (30/7), di mana sejumlah polisi mengenakan kostum tokoh pewayangan, pandawa lima, seperti, Puntadewa, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa.

Kehadiran petugas berkostum nyentrik dan unik itu, berhasil menyedot perhatian para pengendara dan pedagang serta pembeli di kawasan pasar tersebut. (Red)