PUPR Targetkan 500 Ribu Hektar Irigasi Tunjang Sentra Pertanian

Dua dari tujuh PSN irigasi telah selesai.

Proyek Strategis Nasional irigasi yang dibangun oleh Kementerian PUPR. (Foto: PUPR)

JABARNEWS | JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan 500.000 hektar irigasi dan merehabilitasi 2,5 juta hektar jaringan irigasi mulai tahun 2020 hingga 2024 mendatang. Dalam rangka mendukung ketahanan pangan dan air secara nasional.

"Target ini untuk mendukung salah satu sasaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 yakni peningkatan kuantitas/ketersediaan air untuk mendukung pertumbuhan ekonomi," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dalam keterangan tertulis, Jumat (31/07/2020).

Baca Juga:

PUPR Matangkan Rencana Bantu Pembuatan Jalan Layang Soekarno-Hatta

Kisah Inspiratif Dari Sang Difabel Bertalenta



Kementerian PUPR telah membangun banyak bendungan di berbagai daerah dan selanjutnya akan diikuti dengan pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi untuk menunjang produktivitas sentra-sentra pertanian.

Dua dari tujuh PSN irigasi telah selesai yakni pembangunan jaringan irigasi pada Daerah Irigasi (DI) Umpu Sistem di Provinsi Lampung berupa saluran suplesi sepanjang 6 km dengan luas areal pelayanan 7.500 hektar, dan di Leuwigoong berupa saluran irigasi primer sepanjang 86 km yang mengairi area potensial seluas 5.313 hektar," tambahnya.

Sementara lima jaringan irigasi PSN lainnya dalam tahap penyelesaian terdiri dari pembangunan jaringan irigasi DI Jambo Aye Kanan di Kabupaten Aceh Utara dan Timur Provinsi Aceh, DI Lhok Guci di Kabupaten Aceh Barat. Provinsi Aceh.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Pembangunan Nasional PUPR Menteri PUPR Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Seorang Pria Di Sumedang Di Bacok Saat Sholat Isya

Menteri PUPR: Tender Tol Bandung - Banjar Mei Atau Juni 2019

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi