Ini Cara Buka Usaha Pertashop SPBU Mini Pertamina

JABARNEWS | BANDUNG – Pertamina mengajak membuka peluang usaha Pertashop SPBU mini Pertamina untuk Pemerintahan Desa, Koperasi serta pelaku usaha atau UKM. Ditargetkan 7.196 kecamatan di Indonesia dan 3.827 kecamatan yang belum memiliki lembaga penyalur akan dibangun satu outlet Pertashop.

Pertashop lembaga penyalur Pertamina skala kecil melayani kebutuhan BBM, LPG dan pelumas yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lain. Ini jadi peluang usaha bagi mitra Pertamina di perdesaan.

Meski demikian, perseroan menargetkan akan memprioritaskan lembaga desa sebagai pengelola Pertashop. Hal tersebut sejalan dengan Program Pertamina One Village One Outlet sehingga nantinya Pemerintahan Desa memiliki pusat ekonomi baru.

Bagi masyarakat yang berminat kerja sama bisnis Pertashop terdapat prosedur pendaftaran online sebagai berikut:

1. Proses input data – Pendaftar mengisikan informasi detail mengenai data perusahaan, data pribadi dan lokasi pengajuan kemitraan Pertamina. Ada beberapa langkah dalam input data:

Baca Juga:  Tiga Manfaat Dari Okra Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Langkah 1. Pemilihan lokasi – Dalam proses ini, calon mitra memilih lokasi dari pilihan yang tersedia (Provinsi, Kota/Kabupaten, kecamatan, kelurahan, dan keterangan cakupan lokasi).

Untuk memilih lokasi, silakan klik kanan pada peta di dalam area yang berwarna merah dan klik “simpan”. Kemudian lengkapi detail rencana lokasi Anda dan akhiri dengan menekan tombol “Lanjutkan Pendaftaran”.

Langkah 2. Registrasi – Calon mitra mendaftarkan nama perusahaan, alamat e-mail, dan nomor handphone yang akan digunakan seterusnya untuk memasuki akun pendaftaran kemitraan Pertamina yang dimilikinya.

Hal ini akan memudahkan Tim Kelayakan untuk mengidentifikasi pemohon dan memungkinkan calon mitra untuk menyimpan data sementara dan mengubah data yang ada pada akunnya. Dari proses registrasi online ini, calon mitra akan diberi nomor registrasi untuk melakukan pengecekan status aplikasi dan sebagai pengisian data di website.

Baca Juga:  Polresta Bogor Tangkap Tiga Orang Sindikat Pembobol ATM

Jangan lupa untuk memberi centang pada Saya telah membaca dan memahami persyaratan dan prosedur pengajuan kemitraan Pertamina setelah Anda membaca info kemitraan Pertamina dan prosedur kemitraan Pertamina.

Langkah 3. Aktivasi akun – Calon mitra akan menerima email yang berisi tombol untuk aktivasi akun dan SMS yang berisi kode aktivasi. Klik tombol “Aktivasi Akun” kemudian masukan kode aktivasi pada kolom yang tersedia untuk melanjutkan proses input data.

Langkah 4. Profil pengusaha – Pada langkah ini, calon mitra diminta untuk mengisi data profil pengusaha, yang meliputi riwayat pendidikan, pekerjaan, serta kewirausahaan calon mitra untuk mengetahui sejauh mana performansi calon mitra dalam menjalankan usahanya, baik untuk bisnis sejenis atau yang lainnya serta untuk mengetahui kemampuan finansial pribadi pengusaha.

Hal ini kemudian akan diperiksa dalam proses verifikasi dan menjadi data pendukung dalam pertimbangan Tim Kelayakan untuk menganalisis kelayakan bisnis yang diajukan.

Baca Juga:  Shin Tae-yong Tegaskan Tak Mau Kecewakan Suporter Timnas Indonesia pada Laga Semifinal Piala AFF 2022

Langkah 5. Profil perusahaan – Pada langkah ini, calon mitra diminta untuk mengisi data profil perusahaan untuk mengetahui sejauh mana performansi dan kemampuan finansial perusahaan yang didaftarkan.

Langkah 6. Tata letak – Dalam langkah ini, calon mitra diminta untuk mengisi data yang spesifik mengenai lokasi untuk mengetahui bentuk lahan, posisi, kondisi, dan segala sesuatu yang menyangkut ke dalam persyaratan yang harus dipenuhi dari segi lokasi.

Dalam kemitraan Pertamina, lokasi adalah faktor terpenting yang memiliki bobot pertimbangan terbesar dalam penilaian kelayakan proposal. Bila ada variabel-variabel yang tidak sesuai dengan persyaratan standar PT Pertamina, maka akan didiskualifikasi, kecuali pemohon dapat mengubah variabel sesuai standar yang telah ditentukan.

Setelah calon mitra selesai melengkapi seluruh data yang diminta, akan dilakukan verifikasi awal untuk mengonfirmasi data yang telah diisikan. (Red)