Pemudik Asal Jakarta Diimbau Jangan Pulang Minggu, Ini Alasannya

JABARNEWS | BANDUNG – Kementerian Perhubungan dalam upaya mengantisipasi terjadinya kemacetan yang diperkirakan akan terjadi pada hari libur terakhir yakni Minggu (2/8/2020) besok, mengimbau kepada pemudik untuk tidak kembali ke Jakarta di hari tersebut.

“Dalam kondisi seperti ini untuk menghindari kemacetan di hari Minggu saya mengimbau masyarakat yang bepergian ke Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk kembali lebih cepat agar menghindari kemacetan di hari Minggu,” kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi ketika dihubungi di Jakarta, Sabtu (1/8/2020).

Baca Juga:  Cak Imin Ajak Pemimpin Dunia Buat Strategi Atasi Kemiskinan Akibat Covid-19

Pemudik diimbau untuk mengatur rencana arus balik menyesuaikan sehingga tidak terjadi kepadatan arus lalu lintas menuju Jakarta. Hal ini juga untuk menjaga kesehatan dan memulihkan energi masyarakat sebelum kembali beraktivitas pada keesokan harinya.

Sementara itu, Jasa Marga memperdiksi kepadatan kendaraan yang menuju arah Jakarta akan terjadi pada hari Minggu (2/8/2020). Hal ini dikatakan Operation Management & Maintenance Group Head Jasa Marga Pratomo Bimawan Putra.

Bima menjelaskan akan ada banyak kendaraan yang menuju arah Jakarta dari arah timur atau berasal dari Jalan Tol Trans Jawa. Hal ini dikhawatirkan Bima potensi kepadatan akan meningkat tajam apabila arus balik pemudik hanya dikonsentrasikan pada hari Minggu terutama di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jakarta Cikampek II Elevated karena jalan tol tersebut merupakan akses utamadari arah timur menuju Jabodetabek.

Baca Juga:  Inilah Profil Nella Kharisma Sebagai Salah Satu Penyanyi Dangdut Terkenal

“Pada H-1 Hari Raya Idul Adha, kami memantau banyaknya kendaraan besar yang mengalami gangguan di lajur sehingga mengakibatkan kepadatan yang cukup panjang. Selain itu kami juga imbau pengguna jalan dapat memastikan kendaraan dalam keadaan prima sebelum melakukan perjalanan,” papar Bima dalam keterangan pers tertulisnya Sabtu (1/8/2020).

Baca Juga:  PPKM, Pedagang Ikan di Cianjur ke Pelosok Buat Kembalikan Modal

Bima, bima juga terus berkoordinasi dengan Kepolisian untuk dapat memberlakukan rekayasa lalu lintas seperti contraflow dan penempatan petugas di lokasi rawan kepadatan.

“Kami mohon kerja sama pengguna jalan, sekali lagi, untuk tidak kembali ke Jakarta dalam waktu yang bersamaan pada Ahad,” Tandasnya. (Red)