Libur Idul Adha, Sejumlah Tempat Wisata di Purwakarta Diserbu Pengunjung

JABARNEWS | PURWAKARTA – Libur hari raya Idul Adha 1441 Hijriah yang diiringi dengan libur akhir pekan dimanfaatkan masyarakat untuk liburan. Terlihat wisatawan lokal maupun luar daerah menyerbu sejumlah tempat wisata yang ada di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Seperti disalah satu tempat wisata air Taman Batu Cijanun yang terletak di Kampung Cijanun, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta mulai dipadati pengunjung.

Menurut, salah satu wisatawan asal kota Bekasi Rijal (29), hari libur Idul Adha yang cukup panjang, sekalian berkunjung ke sanak saudara dan berwisata.

“Sekalian mengunjungi keluarga di sini (Kecamatan Bojong.red) sekalian saja liburan dan tempatnya bagus, air nya juga masih alami air pegunungan dan tempat seperti ini tidak ada di perkotaan,” ungkapnya. pada Sabtu (1/8/2020).

Baca Juga:  Galakan Ketahanan Pangan, Kapolda Jabar Apresiasi Program Polresta Cirebon

Sementara, Wisatawan lokal asal Kecamatan Plered, Silvi (28) mengatakan, objek wisata Taman batu Cijanun ini menawarkan pemandian alami dengan air mengalir berasal dari mata air pegunungan lengkap dengan bebatuan alaminya.

“Lokasi wisata yang jauh dari keramaian kota membuat wisata semakin tenang dan menyenangkan, cocok untuk melapas kepanatan,” ucapnya.

Oleh sebab, sambung Silvi, itu tak heran jika tempat ini sangat cocok untuk berwisata sembari menikmati panorama pemandangan alam sekitar yang masih asri.

“Yang membedakan pemandian disini (Cijanun.red) karena airnya alami dan mengalir, tanpa obat penjernih air. Beda sama tempat lainnya, air nya tidak mengalir dan kebanyakan pakai obat supaya jernih. Kalau disini airnya lebih segar dan dingin alami,” ungkapnya.

Baca Juga:  Ini Pesan Ketua 234 SC Korwil Jabar, Saat Peresmian Sekertariat di Cianjur

Ditempat yang sama, Bono(50) salah satu keamanan Taman batu cijanun mengatakan, lonjakan pengunjung terjadi sejak kemarin Jumat 31/7/2020 atau bertepatan dengan hari H Idul Adha 1441 H.

“Sebelumnya paling hanya 200 pengunjung, tapi kalau hari libur seperti sekarang bisa 1000 an pengunjung,” jelasnya.

Taman batu Cijanun, lanjut Bono, sempat ada pembatasan pengunjung bahkan hingga penutupun. Hal itu sesuai imbauan pemerintah akibat penyebaran Covid- 19.

Meski saat ini sejumlah tempat wisata sudah kembali di ijinkan buka, namun tetap protokol kesehatan dilakukan.

Baca Juga:  Positif Covid-19 Terus Naik, Pemkab Purwakarta Bakal Berlakukan PSBM di Wilayah Ini

“Dari pintu masuk setiap pengunjung wajib kita periksa dengan cek suhu tubuh dan pengunjung wajib pakai masker, jika suhu nya tinggi atau tidak memakai masker, akan kita tolak atau tidak di ijinkan masuk,” paparnya.

Dirinya berharap, pandemi Covid segera berlalu sehingga masyarakat bisa kembali bebas berwisata, selain itu dengan penutupan tempat wisata sangat berdampak pada perekonomian masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari kunjungan wisatawan.

“Tentu saja sangat berdampak, ketika tempat ini libur, kami juga turut libur dan tidak ada pemasukan. Semoga saja covid ini segera berlalu dan aktifitas warga termasuk pariwisata kembali normal,” harapnya. (Gin)