Surat Terbuka Komisioner KPAI untuk Nadim Makarim, Simak Isinya

Nadiem diketahui mengatakan bahwa sekolah negeri seharusnya diperuntukkan bagi siswa dengan tingkat ekonomi rendah atau dengan kata lain anak dari keluarga miskin.

Mendikbud Nadiem Makarim. (Foto: CNN Indonesia)

JABARNEWS | BANDUNG - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pendidikan Retno Listyarti membuat surat terbuka kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. Surat terbuka ini merupakan bentuk kritik atas pengelolaan pendidikan di Indonesia.

“Saya menulis surat terbuka ini sebagai seorang ibu yang merupakan Warga Negara Indonsia. Mas Menteri, tujuan saya menulis surat ini adalah untuk menyampaikan beberapa kritisi saya atas konsep berpikir Anda sebagai menteri yang mengurusi urusan pendidikan di negeri yang berpenduduk 269,60 juta jiwa dan luas wilayah yang mencapai 1.905 juta kilometer persegi,” ujarnya dalam surat terbuka tersebut, Sabtu (1/8/2020).

Baca Juga:

Surat Terbuka Ketua RW Di Purwakarta untuk Tim Satgas Covid-19

PDUI Kirim Surat Terbuka untuk Jokowi



Salah satunya adalah pernyataan Nadiem atas sekolah negeri yang dikatakan hanya untuk orang menengah ke bawah.

“Mas Menteri, saya terkejut membaca berita di media online terkait pernyataan Anda bahwa sekolah negeri seharusnya diperuntukkan bagi siswa dengan tingkat ekonomi rendah atau dengan kata lain anak dari keluarga miskin,” tutur dia.

Hal tersebut menggambarkan bahwa Nadiem belum memahami konstitusi Republik Indonesia. Pasalnya, dalam UUD 1945 Pasal 31, tertulis jelas bahwa setiap warga negara berhak mendapat dan mengikuti pendidikan dasar, di mana pemerintah wajib membiayainya.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Surat Terbuka Komisioner KPAI Komisi Perlindungan Anak Indonesia Retno Listyarti Mendikbud Nadiem Makarim Sekolah Negeri Sekolah Swasta Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

KPAI: Provinsi Jawa Barat Paling Siap Laksanakan PPDB Online

Rencana Sekolah Kembali Dibuka, Ini Rekomendasi KPAI untuk Pemerintah

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi