aqua

Keren, Mahasiswa KKN Undip Ciptakan Wastafel Injak dan Sabun Rumput Laut

Akibat Pandemi Covid-19, KKN yang dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu dilakukan secara mandiri di lokasi domisili masing-masing.

Wastafel Injak karya mahasiswa KKN Undip. (Foto: Dok. Pribadi)

JABARNEWS | BANDUNG - Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menerjunkan mahasiswanya untuk melakukan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN). KKN Tim II Undip dilakukan mulai 5 Juli 2020 sampai dengan 15 Agustus 2020. Akibat Pandemi Covid-19, KKN yang dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu dilakukan secara mandiri di lokasi domisili masing-masing.

Tahun ini, seluruh dunia sedang mengalami pandemi Covid-19 dengan penyebaran yang sangat cepat melalui tangan yang kotor, bersin, batuk, dan melalui perantara lainnya. Dikarenakan musibah seperti ini belum pernah dirasakan oleh masyarakat diseluruh dunia, khususnya di Indonesia maka dari itu kesadaran masyarakat masih dinilai kurang. Contohnya kurangnya kesadaran akan menjaga kebersihan saat memasuki rumah, kurangnya memperhatikan kebersihan diri setelah dan sebelum beraktivitas serta kurangnya berperilaku hidup sehat.

Baca Juga:

Dengan Cara Ecobrick Mahasiswa Unsika Manfaatkan Sampah Plastik

Meski Pandemi Covid-19, Unisba Tetap Kirim Mahasiswa untuk KKN



Adanya kekurangan yang dimiliki, sehingga perlu dilakukannya pencegahan dan antisipasi agar dapat memutus rantai penyebaran dan penularan Covid-19. Hal tersebut perlu diterapkan kepada warga RT 06 RW 04 Komplek Bumi Panyileukan, Kelurahan Cipadung Kidul, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung.

Adelia Hilma Sugiarto salah satu Mahasiswa Undip Jurusan Ilmu Kelautan menemukan solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut yaitu dibuatnya fasilitas cuci tangan yang terdiri dari wastafel injak dan sabun rumput laut agar masyarakat selalu ingat untuk menjaga kebersihan diri saat sedang berada di luar rumah.

Program ini juga dilakukan sebagai penerapan SDGs Goals mengenai good health and well-being (hidup sehat dan sejahtera) dan life below water (Ekosistem Laut) karena pembuatan sabun ini menggunakan bahan alami dari laut.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Mahasiswa KKN Mahasiswa Undip Universitas Diponegoro Wastafel Injak Sabun Rumput Laut Komplek Bumi Panyileukan Kelurahan Cipadung Kidul Kecamatan Panyileukan Adelia Hilma Sugiarto Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Di Tengah Pandemi Covid-19, Mahasiswa Undip Turun ke Masyarakat

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi