Keren, Mahasiswa KKN Undip Ciptakan Wastafel Injak dan Sabun Rumput Laut

Akibat Pandemi Covid-19, KKN yang dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu dilakukan secara mandiri di lokasi domisili masing-masing.

Wastafel Injak karya mahasiswa KKN Undip. (Foto: Dok. Pribadi)

Keunggulan wastafel injak ini yaitu tidak perlu disentuh atau dioperasikan menggunakan tangan. Warga RT 06 RW 04 tidak perlu menyentuh kran air dan sabun cair secara langsung karena keduanya secara teknis dapat dikendalikan menggunakan kaki dengan cara diinjak.

"Dengan adanya wastafel injak ini diharapkan warga RT 06 RW 04 selalu ingat mencuci tangan dan mampu meminimalisir kemungkinan penyebaran virus corona" ujar Adelia.

Baca Juga:

Dengan Cara Ecobrick Mahasiswa Unsika Manfaatkan Sampah Plastik

Meski Pandemi Covid-19, Unisba Tetap Kirim Mahasiswa untuk KKN



Adelia menuturkan, untuk pembuatan sabun berbahan rumput laut ini mudah untuk dilakukan karena alat dan bahannya pun cukup mudah untuk ditemukan. Kemudian karena sabunnya menggunakan bahan alami dari laut maka dapat disesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki.

Salah satu bahan alami laut di bidang kelautan yang dapat dimanfaatkan dan mudah didapatkan dipasar adalah rumput laut jenis Kappaphycus alvarezii. Rumput laut jenis ini adalah salah satu jenis rumput laut dari kelas Rhodophyceae (ganggang merah) dan merupakan salah satu carragenophytes, yaitu rumput laut penghasil karagenan.

Pembuatan sabun cair rumput laut ini kemudian disosialisasikan kepada warga RT 06 RW 04. Tujuannya yaitu agar warga di sini dapat mengetahui secara langsung mengenai pembuatan sabun cair berbahan rumput laut yang nantinya dapat dipraktikan sendiri di rumah masing-masing. Lalu, tujuan lainnya adalah agar warga mendapatkan atau menambah informasi mengenai bahan alami laut yaitu mengenai rumput laut Kappaphycus alvarezii.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Mahasiswa KKN Mahasiswa Undip Universitas Diponegoro Wastafel Injak Sabun Rumput Laut Komplek Bumi Panyileukan Kelurahan Cipadung Kidul Kecamatan Panyileukan Adelia Hilma Sugiarto Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Di Tengah Pandemi Covid-19, Mahasiswa Undip Turun ke Masyarakat

Simak, Ini Solusi Sederhana ala Mahasiswa Undip di Masa Pandemi

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi