Begini Cara Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad Berkurban Saat Pandemi

JABARNEWS | PURWAKARTA – Jadikan Hikmah Idul Adha 1441 Hijriyah, tahun 2020 sebagai momentum peningkatan ketaqwaan dan semangat rela berkorban guna mendukung tugas pokok TNI.

Hal tersebut diungkapkan, Komandan Batalyon (Danyon) Armed 9 Pasopati Kostrad, Mayor Arm Andi Achmad Affandi saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban tersebut digelar di Markas Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad, jalan raya Sadang-Subang, Kelurahan Ciseureuh Purwakarta, pada Sabtu (1/8/2020).

“Dengan hikmah Idul Adha ini, kita dapat meningkatkan ketaqwaan guna membentuk prajurit yang profesional dan dapat memberikan suri tauladan bagi semua agar di dalam mencari dan memperjuangkan kebenaran harus berani berkurban baik harta benda maupun jiwa raganya bila diperlukan demi kepentingan masyarakat, bangsa dan Negara serta agama,” ungkap pria yang akrab Andi itu.

Baca Juga:  Inilah Cara Merawat dan Menguburkan Jenazah Covid-19 Sesuai WHO

Ia menambahkan, di dalam penyembelihan hewan kurban ini dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan, diantaranya tetap memakai masker, cuci tangan serta menjaga jarak aman antara satu personel dengan personel lainnya.

“Protokol kesehatan Covid-19 tetap harus diperhatikan karena saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, tak terkecuali pada saat pelaksanaan penyembelihan hewan kurban serta pemotongan dagingnya agar tetap terhindar dari penularan Covid-19,” tambahnya.

Baca Juga:  Bank BJB Perluas Kerjasama KUR Penggemukan Sapi

Dijelaskannya, kurban ini merupakan wujud dari semangat Keluarga besar Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad, untuk menunjukkan ketaqwaan dan semangat rela berkorban.

“Setiap pengorbanan yang didasari kerelaan dan keikhlasan itu tidak akan sia-sia bahkan akan mendapatkan balasan berlipat ganda. Penyerahan hewan kurban kepada masyarakat, ini merupakan bentuk kepedulian Keluarga besar Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad, sehingga bisa membantu dan berbagi dengan masyarakat,” ucap perwira TNI yang terkenal dengan keramahannya itu.

Baca Juga:  Tekan Penyebaran Covid-19, Babinsa Kodim 0614 Kota Cirebon Semprot Disinfektan

Diktahui, jumlah hewan kurban yang sudah terkumpul di panitia saat ini terdiri dari 3 ekor sapi dan 12 ekor kambing yang disembelih serta diberikan kepada masyarakat yang berhak menerima.

“Untuk menghindari kerumunan kami antar langsung ke warga secara door to door. Kurban menjadi salah satu yang dianjurkan bagi umat Islam yang mampu menunaikannya. Penyembelihan hewan kurban menjadi bagian yang tak terlepaskan dari perayaan Hari Raya Idul Adha. Berkurban merupakan bentuk tanda syukur atas nikmat Allah SWT,” pungkasnya. (Gin)