Malam Tadi Gempa Guncang Indramayu, BMKG: Tetap Tenang

JABARNEWS | INDRAMAYU – Gempa mengguncang kawasan Indramayu dan sekitarnya pada 23:24:40 WIB, Sabtu, (1/08/2020). Data BMKG menunjukkan gempa bumi tersebut berkekuatan Magnitudo 4.5 SR.

Dilansir dari BMKG, pusat gempa berada di darat 14 km Barat Daya Kabupaten Indramayu. BMKG juga mengingatkan agar masyarakat di Indramayu mewaspadai potensi gempa susulan.

“Gempa Indramayu berada pada titik koordinat 6.43 LS 108.24 BT,” dalam laporan BMKG.

Untuk diketahui, sebagian besar wilayah Indonesia termasuk daerah rawan gempa. Merujuk pada data BMKG, selama 1976‐2006 saja, telah terjadi 3.486 gempa bumi dengan magnitudo lebih dari 6,0.

Baca Juga:  Melawan Saat Akan Ditangkap, Polisi Tembak Mati Residivis Begal Sadis

Sementara itu, dalam peristiwa gempa bumi yang terjadi di kawasan Indramayu, warga di sejumlah lokasi pun berhamburan keluar rumah karena merasakan guncangan gempa yang cukup kuat.

Salah seorang warga di Blok Ketimpal, Desa Singaraja, Kecamatan Indramayu, Ani Susiani, mengatakan, saat gempa terjadi, dirinya belum tidur sehingga merasakan gempa yang cukup kuat. Saat itu, kaca jendela rumahnya tiba-tiba bergetar kencang dan rumah terasa bergerak.

Baca Juga:  Bima Arya: Kawasan Situ Gede Bisa Jadi Destinasi Wisata

Anak dan suaminya yang sudah tertidur pun langsung terbangun karena merasakan getaran gempa. Mereka kemudian bergegas lari keluar rumah.

“Tetangga juga keluar semua,” tutur Haris.

Menurut Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Hendro Nugroho mengatakan hasil monitoring BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Baca Juga:  BNPB: Segera Buat SK Status Tanggap Darurat Bencana

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” Hendro Nugroh, Minggu (2/8/2020).

Hendro Nugroho menyampaikan, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Indramayu dengan Skala Intensitas III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah, yakni terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Dampak dari gempa bumi ini digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat. (Red)