Tak Perlu Ke Jepang Untuk Menikmati Bunga Sakura Yang Lagi Mekar, Baca Ini

JABARNEWS | CIANJUR – Waktu yang tepat bagi kamu yang masih bingung mau liuran kemana, ini ada kabar dari kebun raya cibodas dengan keindahan bunga sakuranya yang sudah mulai mekar.

Keindahan bunga sakuran di kaki Gunung Gede Pangrango, Cianjur ini seluas 6.647 meter persegi, sehingga di ini sangat indah untuk dijadikan spot foto.

Humas Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas LIPI, Winarni mengatakan kebun yang dibangun Maret-Desember 2007 untuk memperkaya taman tematik di KRC memiliki 435 pohon bunga sakura baik itu koleksi maupun nonkoleksi.

Baca Juga:  Desa Nagreg Kendan Bangun Stadion Mini Soccer, Ini Tanggapan Dadang Naser

Di tempat ini juga ada tujuh jenis bunga sakura diantaranya; Prunus Cerasoides, Prunus Yedoensis, Prunus Yamasakura, Prunus Lannesiana, Prunus Sp, Prunus arborea dan Prunus clCostata.

“Yang saat ini berbunga hanya satu spesies saja, yaitu Prunus sp. Bunga sakura tersebut itu adalah sumbangan dari Dinas Pertamanan DKI Jakarta,” kata Winarni, Minggu (2/8/2020).

Baca Juga:  Bupati Majalengka: Pembangunan Infrastruktur Skala Besar Harus Dikerjakan Awal Tahun

Berbeda dengan negara asalnya Jepang, bunga di kebun raya cibodas ini mekar hanya satu kali dalam setahun, yaitu Januari – Februari dan Juli – Agustus.

“Spesies Prunus Sp ini warna bunganya lebih pink tua dibandingkan dengan Prunus Cerasoides yang bisa berbunga pada bulan Januari dan Agustus saja,” lanjut Winarni.

Sampai bulan Februarin ini di perkirakan bunga sakura akan memuncak pemekarannya, namun jika terjadi hujan bunganya akan rontok.

Baca Juga:  Pos Indonesia Promo Produk UMKM Di Gebyar Ramadhan 2021

“Diperkirakan menjelang atau sekitar awal Februari masa berbunganya akan memuncak,” tambahnya.

Namun, bagi pengunjung yang mau datang untuk menikmati bunga sakura ini, diimbau untuk tetap mematuhi protokol kesahatan untuk kebaikan bersama.

“Kami mengimbau kepada pengunjung jika ingin berwisata ke Cibodas harus memakai masker, hand sanitizer, dan jaga jarak agar berwisata dengan aman dan nyaman,” tutupnya. (Red)