Tol Jakarta-Cikampek Berlakukan Contraflow, Kepadatan Terjadi di Titik Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Menyusul terjadinya kepadatan arus balik Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, Minggu (2/8/2020), petugas melakukan rekayasa lalu lintas dengan menerapkan contraflow atau arus lawan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division mengatakan arus lalu lintas cukup padat pada Minggu (2/8/2020), sehingga dilakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Baca Juga:  Kecanduan Judi Online, Seorang Pemuda Nekat Curi Handphone

“Kepadatan arus terjadi pada titik pertemuan arus Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju Jakarta, Selain itu juga terjadi di titik menuju rest area atau tempat istirahat,” ujar Widiyatmiko Nursejati, dalam siaran pers yang diterima di Karawang, Jabar, Minggu (02/08/2020).

Atas hal tersebut, kata dia, rekayasa arus lawan (contraflow) diterapkan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, mulai dari kilometer 65 sampai klometer 47. Tujuannya ialah untuk mengurai kepadatan yang terjadi di sejumlah titik sekitar Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Baca Juga:  Kemenag Potong Dana BOS Rp100 Ribu Per Siswa, Ini Kata DPR

Menurut dia, pemberlakuan contraflow merupakan diskresi pihak kepolisian. Untuk mendukung kelancaran arus lawan, Jasa Marga menyiagakan petugas dan penyiapan rambu-rambu.

PT Jasa Marga (persero) Tbk memprediksi puncak arus balik libur Idul Adha 1441 H terjadi pada Minggu malam hingga Senin (03/08) dini hari.

Baca Juga:  Para Ilmuan Temukan Obat Baru Pasien Corona

Lonjakan arus balik libur Idul Adha 1441 H berpotensi terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated. Hal ini karena jalan tol tersebut merupakan akses utama pengguna jalan dari arah Timur, yaitu dari Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi. (Red)